Defisit APBN Berpotensi Membesar

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo memperkirakan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara berpotensi melebar di kisaran 2,4 persen dari yang ditetapkan 1,5 persen. Hal ini disebabkan oleh krisis global yang terjadi saat ini.

"Melebarnya 2,2 plus minus 0,2 persen," kata dia di kantornya, Jakarta, Rabu malam, 29 Februari 2012.

Pemerintah telah menyiapkan beberapa cara untuk menutup defisit APBN yang melonjak, yakni meningkatkan penerimaan negara dan menghemat anggaran belanja yang tidak diperlukan. "Atau misalnya menata dengan lebih baik anggaran subsidi," katanya.

Selain itu, pemerintah juga akan memperkecil defisit dengan menggunakan Saldo Anggaran Lebih (SAL). "Terakhir menambah pinjaman pemerintah," ujarnya.

Agus melanjutkan, pemerintah tengah menyusun perubahan APBN termasuk di dalamnya menetapkan besaran stimulus khususnya sektor infrastruktur. Pembenahan infrastruktur dapat membantu menggenjot angka pertumbuhan, sehingga defisit bisa ditekan.

Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih oleh KPU RI di Ist

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024