Beda Pria dan Wanita Nilai Berat Badan Ideal

Timbang Badan
Sumber :
  • Ilustrasi Timbang Badan

VIVAnews - Sebuah studi baru menemukan ada perbedaan cara pria melihat berat badan mereka sendiri, dibandingkan mereka menilai berat badan pasangan.
 
Peneliti Denmark menemukan, pria cenderung meremehkan berat badan mereka dan melebih-lebihkan berat badan istri atau kekasih.

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

Dikutip dari Foxnews, saat wanita memiliki berat badan ideal, pria cenderung melihatnya sebagai kelebihan berat. Menurut penelitian, hanya butuh skor indeks massa tubuh 22,59 bagi pria menilai pasangan seorang yang gemuk. Sementara pria bila diri memiliki BMI 29,9 masih normal. Padahal BMI 22,5-24,5 adalah BMI sehat dan BMI 25 keatas merupakan kelebihan berat badan dan BMI 29,9 adalah obesitas.

Sementara wanita secara keseluruhan selalu melihat diri mereka lebih gemuk daripada yang sebenarnya. Wanita yang kurang berat banyak menganggap memiliki berat badan ideal, sementara wanita dengan berat ideal lebih cenderung melihat diri mereka kegemukan.

Namun kedua gender yang mengalami kelebihan berat badan cenderung menganggap berat tubuh mereka mendekati ideal.

Pakar citra tubuh Sally McGraw mengatakan temuan "memperkuat gagasan bahwa pandangan perempuan sangat negatif menyangkut berat badan, bentuk dan ukuran tubuh mereka."

McGraw juga menunjukkan ini dapat memengaruhi rasa percaya diri wanita. "Kebanyakan wanita sudah berjuang untuk merasa cantik dan diinginkan, terlepas dari berapa BMI mereka," katanya. Pandangan pasangan pria yang melebihkan berat badan dapat mengikis harga diri, menyebabkan dan memperparah gangguan makan.

Sosiolog Vibeke Tornhøj Christensen yang meneliti menegaskan perlu campur tangan otoritas untuk membedakan tubuh yang sehat atau hanya keinginan sekelompok pihak saja.

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting

Ambisi Tim Bulutangkis Indonesia Raih Juara Piala Thomas dan Uber 2024

Optimisme kemenangan dirasakan timnas Indonesia untuk merebut kembali piala di turnamen bergengsi Piala Thomas dan Piala Uber 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024