Redam Hasrat Merokok dengan Spray Nikotin

Ilustrasi Rokok
Sumber :
  • istockphoto

VIVAnews - Menghentikan kebiasaan merokok bukan perkara mudah. Kenikmatan yang memicu candu seringkali membuat bahaya rokok terabaikan. Di tengah beragam terapi mengatasi candu rokok, muncul metode baru berupa spray nikotin.

Philip Tonnesen, dari Gentofte Hospital di Denmark, yang memimpin penelitian, mengatakan bahwa spray nikotin menjadi terapi alternatif terbaru bagi mereka yang ingin berhenti merokok.

Penggunaannya cukup mudah, cukup menyemprotkan langsung ke mulut saat keinginan untuk merokok meletup-letup. "Semprotan ini berperan mengurangi hasrat mengisap rokok tanpa efek samping," kata Tonnesen, seperti dilaporkan New York Daily News.

Meski belum dipasarkan secara umum, namun semprotan itu telah melewati uji klinis dan terbukti efektif membantu pecandu menghentikan kebiasaan buruk merokok.

Sekitar 14 persen responden yang menggunakan semprotan itu berhasil menghentikan kebiasaan merokok 100 persen dalam satu tahun. Angkanya lebih dua kali lipat dibandingkan hanya 6 persen responden yang mendapatkan semprotan plasebo.

Meski persentase yang berhasil lepas dari candu terhitung kecil, namun Tonnesen melihat hasil itu tetap lebih baik dibandingkan dengan tingkat keberhasilan terapi menghentikan kebiasaan rokok lainnya.

Terlepas efektivitas spray nikotin, modal utama untuk menghentikan kebiasaan merokok adalah niat kuat dari dalam diri dan dukungan orang terdekat. (eh)

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih
Brandon Salim

So Sweet! Perjuangan Brandon Salim Berangkat ke Jepang Demi Lamar Kekasih

Kabar bahagia datang dari aktor muda sekaligus putra dari Ferry Salim, Brandon Salim. Pada 23 April 2024, Brandon telah resmi melamar sang kekasih, Dhika Himawan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024