Tujuh Ide Kreatif Agar Anak Makan Sayur

anak makan sayur
Sumber :
  • istockphoto

VIVAnews - Sayur dan buah  sarat nutrisi amat baik bagi kesehatan. Namun menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua yang ingin menyajikannya bagi buah hati.

Sebagian orang tua merasa sangat sulit membuat anak makan sayur. Bila sayur sudah menjadi salah satu musuh anak, jangan putus asa. Ada beberapa ide inovatif agar anak makan sayur. Ini dia tujuh diantaranya, seperti dimuat Parenting.


1. Makan bersama mereka.

Terdengar sederhana namun sangat manjur. Bila Anak menyaksikan orang tuanya makan dengan sayuran dan makanan sehat, hal itu akan menjadi contoh yang baik buat mereka.

Bisa jadi, dalam hitungan detik tangan balita mungil Anda akan segera meraih piring dan ikut menikmati sayuran.

2. Sembunyikan sayur dalam makanan lain


Modifikasi beberapa makanan favorit buah hati dengan mencampurnya dengan berbagai sayur, misalnya wortel dan zucchini dalam muffin.

Atau buatlah brownies kesukaannya dengan campuran bayam. Semakin kreatif membuat makanan yang mengandung sayuran dan buah, kebutuhan nutrisi anak akan terpenuhi.

3. Smoothies sayuran


Meski manfaatnya bagi kesehatan sangat penting, sulit memaksa balita dan anak makan sawi atau kangkung. Bila demikian, cobalah membuat smoothies lezat dengan campuran sayur agar anak mencobanya. Beberapa smoothies sayur dan buah mungkin akan jadi favoritnya.

4. Berikan nama lucu bagi sayuran


Anak akan sulit menyentuh makanan bila diberitahu kacang hijau. Coba ganti wortel dengan sebutan wortel sinar -X atau telur cacing hijau agar menarik perhatiannya. Atau berikan nama sayuran sesuai nama idola mereka.

5. Taburi dengan keju dan saus

Heru Budi Tegaskan ASN DKI Tak Ada WFH: Media Saja Masuk

Jika anak menyukai keju, pakai strategi ini agar mereka makan sayuran. Sembunyikan bayam dalam lasagna dan brokoli dalam burger keju.

6. Tunggu sampai mereka lapar

Agar anak dapat menikmati sayuran, buatlah sayuran menjadi makanan pembuka, bukan penutup saat anak lapar. Anak akan lebih mudah mencoba makan arthicoke saat lapar daripada ketika perut mereka penuh.

7. Sajikan sebagai camilan

Siapa anak yang tak suka mengemil? Ide ini lebih baik daripada memberi anak sayuran saat waktu makan.

Saat belajar berjalan atau asyik bermain, sediakan semangkuk kecil potongan wortel dan apel, buah atau sayur lain. Kerap tanpa disadari buah hati Anda telah memasukkan  buah dan sayuran penting tanpa diperintah saat waktunya makan besar.

Selamat mencoba! (eh)

Daftar Harga Pangan 16 April 2024: Beras hingga Daging Turun
Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih AS John Kirby

Bantuan Kemanusiaan ke Gaza Meningkat Secara Signifikan di Tengah Krisis Pangan

Bantuan kemanusiaan yang mengalir ke Jalur Gaza mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa hari terakhir ini, menurut juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024