Indonesia Bertekad Capai Blue Economy

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif Cicip Sutardjo
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Kelautan dan Perikanan, Syarif Cicip Sutardjo menyatakan tekadnya agar Indonesia secepatnya mengadopsi konsep Blue Economy. Sebab, tren ke depan pascakeberhasilan implementasi konsep Green Economy, tren ekonomi dunia menuju Blue Economy.

"Blue Economy ini sebetulnya sudah diterapkan beberapa negara, antara lain itu Kanada, Korea Selatan juga China. Saya melihat, paling maju untuk menerapkanya itu Korea Selatan," katanya usai membuka 'Kedonganan Coral Triangel Day Festival, Beach Clean Up' di Pantai Kedonganan, Jimbaran dan Pantai Samuh, Nusa Dua, Bali, Sabtu, 9 Juni 2012.

Di China, Cicip mencontohkan, Negeri Tirai Bambu itu sudah melakukan percobaan di sepuluh provinsi. Dari jumlah itu, empat berhasil baik, dua sudah mulai berhasil, sisanya masih belum membuahkan hasil maksimal.

MK Tolak Gugatan Kubu Anies dan Ganjar, Airlangga: Saatnya Kembali Merajut Persatuan

"Jangan sampai campur antara heavy industry dan life industry. Parameter keberhasilannya mampu menarik wisatawan, termasuk industri garmen, makanan, restoran, tourism, dan lain sebagainya," ujarnya.

Indonesia sendiri, kata Cicip, sangat terbantu dengan konsep Blue Economy. Sebab, kekayaan sumber daya hayati di laut Indonesia sangat tinggi. Jika pengelolaan laut semakin baik, tentunya akan menjadikan ekonomi Indonesia lebih kuat.

Blue Economy sendiri, sambungnya, bisa mengurangi emisi gas karbon dunia. "Indonesia mempunyai kesempatan yang baik, karena kita mempunyai wilayah laut yang lebih besar, 2/3 dari luas wilayah republik ini adalah laut," ungkapnya.

Bali, menurut Cicip, sudah mengimplementasikan konsep Blue Economy. Konsep itu sendiri, terdiri dari pesisir dan laut. "Industrinya itu tidak heavy industry. Mereka itu life industry. Contoh green dan blue ekonomi yang benar ini ada di Bali dan nantinya di Lombok," ujarnya.

Sebab, dia menambahkan, dengan Blue Economy ini sifatnya lebih ke daerah-daerah tepi pantai dan kelautan.

Soal Hubungan dengan Jordi, Ruben Onsu: Muka Saya Boleh Tersenyum, Hati Saya Menangis

"Oktober mendatang juga kita akan seminar di Lombok. Inilah makanya kita mencoba provinsi-provinsi yang sudah bisa maupun beberapa kabupaten sudah mulai ada kegiatan-kegiatan yang secara tidak disadari sudah mengadopsi konsep itu," ungkap Cicip.

Bali, tegas Cicip, merupakan contoh sempurna penerapan konsep Blue Economy. Seluruh pesisir di Pantai Bali sudah dibuat zonasi, terutama zonasi untuk wisata dan kegiatan kelautan. "Selain bisa meredam karbon, konsep ini bisa menjadi satu kehidupan berkelanjutan yang baik ke depan ini," papar Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar itu.

Untuk semakin memantapkan konsep tersebut, Cicip berharap agar konsep ini bisa dijalankan lintas sektoral. "Selama itu berhubungan dengan pesisir dan kelautan, mari kita berjalan bersama," ajak dia.

Sidang Putusan Sidang Perselisihan Hasil Pemilu 2024 di MK, Ganjar-Mahfud

Mahfud MD Sebut Pertama Dalam Sejarah Putusan Sengketa Pilpres Ada Perbedaan Pendapat Hakim

Mahfud MD menerima keputusan MK terkait sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024