Penemuan "Partikel Tuhan" Makin Dekat

Simulasi partikel Higgs boson
Simulasi partikel Higgs boson
Sumber :
  • livescience.com

VIVAnews - Setelah melakukan penelitian selama bertahun-tahun, ilmuwan semakin dekat untuk bisa membuktikan partikel Higgs boson atau yang lebih dikenal dengan sebutan "partikel Tuhan". Para peneliti menemukan sebuah partikel baru yang dianggap menjadi tirai penemuan "partikel Tuhan".

Hasil penelitian ini diungkap para peneliti dalam seminar yang diadakan institusi ilmiah CERN di Melbourne, hari ini, Rabu 4 Juli 2012. Hasil eksperimen yang dilakukan LHC dan ATLAS menemukan partikel baru di kawasan massa (mass region) sekitar 125-126 GeV (Gigaelectronic Volts, atau satuan energi setara miliaran electron volts).

"Kami melakukan observasi dalam data kami yang secara jelas menandakan partikel baru di level 5 sigma, di mass region sekitar 126 GeV. Kinerja luar biasa dari LHC dan ATLAS serta upaya keras sejumlah orang telah membawa kami ke tahap yang menarik ini," kata juru bicara ATLAS, Fabiola Gianotti, dalam keterangan pers di situs CERN.

Meski mengakui bahwa hasil ini masih bersifat temuan awal, temuan adanya tanda di 5 sigma di sekitar 125-126 GeV dianggap temuan dramatis. Juru bicara CMS, Joe Incandela, mengatakan penelitian kali ini memiliki hasil yang signifikan.   

"Ini jelas sebuah partikel baru. Kami tahu ini kemungkinan adalah boson, dan ini merupakan boson terberat yang pernah ditemui," ucap Incandela.

Direktur Riset CERN, Sergio Bertolucci, juga antusias menyambut hasil penelitian ini. "Kami telah menyatakan tahun lalu, bahwa 2012 akan menemukan partikel seperti Higgs atau selain eksistensi sesuai standar model Higgs," ujar Bertolucci.

Bertolucci lalu menyebut observasi partikel baru ini akan menjadi indikasi jejak dalam memahami partikel Tuhan, berdasarkan data yang bisa diperlihatkannya.

"Partikel Tuhan" merupakan partikel hipotesis yang mengisi massa menjadi materi. Partikel itu dianggap sangat penting, sebab dianggap bisa melengkapi bahkan menyempurnakan teori alam semesta yang diperkenalkan Albert Einstein.

Berdasarkan teori tersebut, Higgs boson merupakan perantara yang kemungkinan membuat bintang, planet, dan kehidupan menjadi mungkin, dengan memberi massa untuk sejumlah partikel dasar. Ini juga dasar yang menyebut Higgs boson disebut "Partikel Tuhan". (art)