Papeda Maknyus dengan Ikan Kuah Kuning

papeda dan ikan kuah kuning
Sumber :

VIVAlife - Kita semua pasti mengetahui bahwa nasi telah menjadi makanan pokok kebanyakan masyarakat Indonesia sejak dahulu. Namun, di wilayah Indonesia timur seperti Papua dan Maluku punya makanan pokok lain, yaitu sagu. Ini karena pohon sagu memang lebih banyak tumbuh di hampir semua wilayah Indonesia di belahan timur ini. 

Mengungkap Rahasia Restoran dari Seorang Chef

Bagi kita yang terbiasa mencicipi nasi, makan sagu hanya sebatas bubur sagu yang berwarna kemerahan dengan santan. Tapi, oleh penduduk Maluku dan Papua, sagu diolah sedemikia rupa hingga menjadi santapan yang enak untuk dimakan. Sagu tersebut dibuat menjadi bubur yang beken disebut sebagai papeda. 

Bentuk papeda ini memang tak indah dipandang, seperti lem kanji yang bening. Meski begitu membuatnya mudah, hanya menuangkan air mendidih ke dalam sagu yang kemudian diaduk hingga bening. Ini tandanya papeda sudah matang. 

China Miliki Restoran Resmi Pertama Hello Kitty

Karena seperti lem, papeda tidak bisa disendok melainkan harus diambil dengan menggunakan sumpit (gata-gata). Setelah itu papeda disajikan di dalam periuk besar yang disebut sempe. 

Menyantap papeda bisa dengan ikan kuah kuning, yaitu ikan tongkol yang dimasak dengan kunyit, jahe, daun kemangi, cabai, dan jeruk nipis. Cita rasa papeda yang tawar jadi maknyus karena ikan kuah kuning yang asam segar. 

Restoran Konsep Unik Menawarkan Kue Gratis

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba makanan khas wilayah Indonesia Timur ini, mari mampir di Restoran Yougwa, yang aslinya ada di danau Sentani, Papua. Tak hanya dengan ikan kuah kuning, papeda juga bisa dipadankan dengan steak ikan gabus Papua, kuah asam kepala gabus, ikan bobara rica-rica dan masih banyak lagi.

Alamat: JL. Boulevard Raya Blok WA 2 No.31, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara

Telp: (021) 4530419, (021) 98953089

Buka: 10.00 – 23.00 WIB

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya