Mentan: Stok Daging Sapi Aman

Kios daging sapi di suatu pasar.
Sumber :
  • ANTARA/Arief Priyono

VIVAnews - Menteri Pertanian Suswono memastikan, pasokan daging sapi selama bulan Ramadan aman, sehingga kenaikan harga diharapkan tak akan terlalu tinggi.

Suswono mengatakan, kelangkaan daging beberapa waktu yang lalu telah mengakibatkan kenaikan harga daging. "Ini karena ada impor sapi yang tertahan di Bea Cukai," kata Suswono di Jakarta, Rabu 25 Juli 2012.

Dia mengatakan tertahannya impor tak lain karena adanya kesalahan persepsi pada pengenaan bea masuk sapi dan lembu. Bea Cukai menetapkan bea masuk pada impor sapi dan lembu. Tapi kenyataannya yang diimpor adalah sapi bakalan. Akibatnya sekitar 125 ribu sapi bakalan tertahan dan tak bisa masuk pasar. Namun, masalah ini sudah selesai.

Suswono mengatakan, dengan jumlaah tersebut ditambah persediaan sapi bakalan lokal sebanyak 30 ribu ekor akan mencukupi kebutuhan Lebaran.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Agung Kuswandono mengungkapkan, kesalahpahaman tersebut terjadi  karena ada perubahan nama komoditas. "Tidak ada masalah pada kami," katanya.

Bambang mengatakan, jika masih ada yang tertahan, ini bukan terkait Bea Cukai, melainkan dengan Badan Karantina. (eh)

Wapres Ma’ruf Amin Berharap Kabinet Prabowo-Gibran Diisi Kalangan Profesional
Gus Muhdlor selalu menundukan kepalanya saat pakai baju tahanan korupsi

Uang Haram Potong Insentif di Pemkab Sidoarjo Diserahkan Anak Buah Gus Muhdlor lewat Sopir

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali alias Gus Muhdlor ditahan oleh KPK atas dugaan kasus korupsi pemotongan insentif pegawai BPPD di Sidoarjo, Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024