Tiga Kota di California Terancam Bangkrut

Patok kota San Bernardino, California, AS
Sumber :
  • REUTERS/Alex Gallardo

VIVAnews - Kota San Bernardino di negara bagian California, Amerika Serikat, mengajukan perlindungan pailit menyusul utang yang menggunung. Kota ini menjadi kota ketiga di California yang melakukan tindakan yang sama dalam sebulan terakhir.

Diberitakan BBC, Kamis 2 Juli 2012, utang kota San Bernardino lebih dari US$1 miliar dengan defisit anggaran hingga US$46 juta. Walikota Bernardino, Patrick Morris, mengatakan bahwa perlindungan pailit dibawah Chapter 9 UU AS diperlukan untuk menghindari aksi hukum oleh para kreditur.

"Langkah ini dilakukan untuk mencegah adanya perkara hukum yang melibatkan penyitaan aset-aset kota," kata dia.

Asisten Manajer Kota Gwendolyn Waters mengatakan bahwa perkara hukum atas utang belum akan berpengaruh dalam waktu dekat di kota berpenduduk 210.000 orang tersebut. Namun, untuk mengatasi defisit lebih parah, kota akan mengajukan pemotongan anggaran yang berimbas pada pemecatan pegawai negeri.

Sebelumnya dalam kurun waktu empat tahun, kota ini telah mengurangi jumlah pegawai hingga 20 persen. Angka pengangguran di San Bernardino telah mencapai 16 persen, hampir dua kali lipat rata-rata nasional.

Bisnis perumahan di kota ini juga anjlok, imbas dari krisis keuangan di AS. Dilaporkan, sekitar 5.000 rumah diambil alih kepemilikannya karena pemiliknya tidak mampu bayar tunggakan.

Sebelumnya pada Juli, dua kota di California telah lebih dulu mengajukan perlindungan pailit, yaitu Stockton dan Mammoth Lake. Defisit anggaran Stockton mencapai US$26 juta sementara Mammoth Lake mencapai US$43 juta. (eh)

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia
Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024