Miliarder di Balik Tim Berkuda Olimpiade

Zara Phillips dengan kudanya High Kingdom
Sumber :
  • REUTERS/Mike Hutchings

VIVAnews - Stereotip orang kaya dan terkenal seperti melekat dalam olah raga berkuda (equistrian). Untuk ikut dalam ajang internasional, olahraga ini membutuhan biaya lebih dari US$200 ribu per tahun.

Beberapa atlet berkuda dalam Olimpiade London 2012 ini menunjukkan bahwa citra orang kaya dan darah biru benar adanya. Contoh atlet berdarah biru adalah cucu Ratu Elizabeth II, Zara Phillips, yang sukses mempersembahkan bagi Inggris Raya di nomor tim eventing, Selasa 31 Juli 2012.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Phillips memang terlahir dari keluarga atlet. Putri Anne pernah tampil di Olimpiade 1976, sedangkan ayah Phillips, Mark, peraih medali emas di Olimpiade 1972.

s (31) adalah anak dari Putri Anne dan Kapten Mark Phillips. Zara yang mempunyai nama lengkap Zara Anne Elizabeth Tindall MBE, berada di urutan ke-14 pada daftar suksesor Kerajaan Inggris.

Prestasi Zara segudang. Ia adalah juara dunia nomor eventing pada 2006. Ia juga mengoleksi tiga medali emas kejuaraan Eropa. Olimpiade 2012 adalah Olimpiade pertamanya. Pada 2004 dan 2008, ia batal masuk tim karena kudanya mengalami cedera.

Selain keluarga kerajaan, para miliarder atau keluarganya juga banyak ikut dalam kejuaraan ini. Mereka di antaranya bertanding di tiga nomor: showing jumping, eventing, dan dressage.

Seperti dikutip dari Forbes, para atlet itu adalah Georgina Bloomberg, putri pengusaha yang menjadi Walikota New York Michael Bloomberg, dan putri miliarder Jamie Dinan, pendiri York Capital Management. Ada juga Katie Dinan, putra miliarder Rusia Dmitry Rybolovlev, Ekaterina Rybolovleva.

Pendiri Yahoo, Jerry Yang, juga memiliki kuda untuk nomor dressage. Beberapa orang terkenal seperti putri Bruce Springsteen, Jessica, juga menggeluti olahraga ini. Burce Springsteen adalah pencipta lagu, penyanyi, dan gitaris Amerika Serikat.

Otto Hasibuan: Kami Minta Megawati Dipanggil di Sidang MK, Mau Enggak?

Selain itu, terdapat cucu putri Monako, Grace Kelly, yaitu Charlotte Casiraghi yang juga menjadi model Gucci.

Ada juga cucu miliarder Aristotle Onnasis, yaitu Athina Onassis. Aristotle merupakan pengusaha kapal dan pendiri maskapai penerbangan nasional Yunani pertama, Olympic Airways. Putri aktor dan produser asal Amerika, Tom Selleck, Hannah, juga ikut dalam pertandingan ini.

Selain para bangsawan dan orang kaya, banyak atlet berkuda yang tak berasal dari golongan itu. Di antaranya Beezie Madden yang meraih tiga kali medali Olimpiade berkuda. Namun, tetap saja stereotip olahraga ini dari kaum bangsawan dan miliarder sulit dilepaskan. (art)

Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024