7 Santapan Pemicu Bau Badan Tak Sedap

daging merah
Sumber :
  • inmagine

VIVAlife - Bau badan tak sedap bisa membuat orang di sekitar merasa terganggu. Ini tentu membuat diri tak nyaman dan kehilangan percaya diri. Selain kebersihan tubuh dan pakaian, asupan makanan juga dapat memengaruhi aroma tubuh.

Agar tubuh senantiasa memiliki aroma segar, hindari konsumsi berlebihan santapan yang dapat memicu bau badan tak sedap, seperti dikutip Times of India.

Makanan rempah pedas
Konsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat merangsang produksi sulfur, yang kemudian diekskresikan melalui keringat di pori-pori kulit dan napas. Perhatikan keseimbangan bahan baku makanan Anda. Jangan terlalu banyak bawang atau rempah pedas lain yang biasanya jadi andalan dalam santapan kari.

Daging merah
Konsumsi daging merah membuat organ pencernaan bekerja maksimal untuk memprosesnya. Konsumsi berlebihan akan merangsang produksi keringat berlebih yang cenderung meruapkan aroma tak sedap. Kontrol asupan daging merah, imbangi dengan sajian ikan dan sayur.

Alkohol
Tak cuma alkohol, tapi juga minuman coklat, soda, teh, dan kopi. Jenis-jenis minuman ini berpotensi kuat memicu aroma tubuh yang tak sedap.

Junk foods
Junk foods termasuk jenis makanan yang membutuhkan proses pencernaan lama. Menyebabkan akumulasi sel-sel lemak dalam tubuh yang merangsang produksi keringat berlebih. Tak hanya merangsang cucuran keringat tak sedap, tapi juga aroma napas yang tidak diinginkan.

Rendah karbohidrat
Asupan karbohidrat yang rendah memicu penimbunan protein dalam tubuh dan dapat menyebabkan produksi keringat berlebihan. Kondisi ini menyebabkan pelepasan bahan kimia keton dalam aliran darah yang menyebabkan bau tak sedap.

Produk susu
Dengan sifat kaya protein, konsumsi produk susu secara berlebihan membuat proses pencernaan di lambung melambat. Kondisi ini memicu pelepasan hidrogen sulfida dan metil merkaptan dalam tubuh yang dapat dengan mudah memicu aroma tak sedap.

Tembakau
Sudah bukan rahasia lagi. Ketika asap rokok berbaur dengan kelenjar keringat dalam tubuh, itu akan menyebabkan pelepasan bau khas yang membandel. Aroma tak sedap yang begitu mudah menempel di baju, rambut, bahkan kulit.

Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia
Lee Mijoo Lovelyz.

Plot Twist, Lee Mijoo Jalin Asmara dengan Pesepakbola Top Song Bum-keun

Biz Enter melaporkan Lee Mijoo mengunjungi Jepang untuk bertemu dengan Song Bum-keun yang saat ini sedang merumput di salah satu klub sepakbola di Jepang, Shonan Bellmare

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024