Syahrini: Saya Tak Jual Sensasi

Syahrini
Sumber :
  • VIVAnews/Beno Junianto

VIVAlife - Di sebuah ruangan mungil yang tertata rapi, VIVAlife berkesempatan berbincang-bincang dengan Syahrini. Mantan rekan duet Anang itu menyambut ramah kedatangan VIVAlife di kantor manajemennya di bilangan Permata Hijau, Jakarta Selatan.

Baru saja sembuh dari tipus, Syahrini tampak segar dengan rambut yang tertata rapi serta pakaian semi formal yang dikenakannya. Sebelum wawancara dimulai, Syahrini menyeletuk, apa yang dikenakannya hari itu, adalah gaya baru darinya.

Kondisi Terkini Wonderkid Timnas Indonesia Ronaldo Kwateh Usai Lama Tak Terdengar Kabarnya

"Ini gaya kantor ala Syahrini. Sekarang saya kalau manggung siang, biasanya memakai baju model seperti ini. Lagi suka saja," ucapnya diiringi dengan senyum manjanya.

Syahrini cukup fenomenal di industri musik tanah air. Penyanyi kelahiran 1 Agustus 1982 ini namanya melejit sejak menjadi teman duet Anang Hermansyah. Duet maut mereka membawakan lagu "Jangan Memilih Aku" mendapat respon yang positif dari masyarakat. Anang-Syahrini laris manis, tak hanya di televisi tetapi juga di seluruh daerah di tanah air.

Kedekatan antara keduanya membuat Anang-Syahrini diisukan menjalin hubungan asmara. Apalagi, saat itu, Anang baru saja bercerai dari Krisdayanti. Bahkan, Syahrini sangat akrab dengan kedua anak Anang, Aurel dan Azriel. Sayang, duet mesra itu tak berlangsung lama. Duet maut itu mengalami pecah kongsi. Keduanya pun terlibat perang pernyataan di media.

Pisah dari Anang, Syahrini kembali menjadi penyanyi solo. Syahrini tidak takut popularitasnya akan memudar karena 'bercerai' dari Anang. Ia ingin membuktikan dirinya mampu berdiri tanpa bergantung dengan nama besar musisi asal Jember itu. Syahrini bekeerja keras mengembalikan imej sebagai penyanyi solo. Kerja keras Syahrini terbayar. Ia sukses lewat single "Tak Biasa" dan "Kau Yang Memilih Aku".

Selain lagu, Syahrini pun menciptakan beberapa kata yang menjadi ikonnya, seperti 'Alhamdulillah ya' dan 'sesuatu'. Kata-kata itu menjadi trade mark tersendiri bagi penyanyi asal Bogor ini. Namun, dengan seiring popularitas yang diraihnya itu, Syahrini juga tak pernah lepas dari gosip, kritik dan juga kontroversi.

Dengan gayanya yang khas dan suaranya yang manja, Syahrini bersedia buka-bukaan soal karier hingga gebrakan terbaru yang akan dijalaninya di tahun 2012. Simak wawancaranya berikut ini?

Bagaimana ceritanya Anda bisa jadi penyanyi?

Dulu itu tahun 2006, aku kepengen banget punya album yang dijual dalam bentuk CD dan kaset yang dijual di toko kaset. Dulukan masih bisa jualan CD dan kaset. Cuma saat itu, aku masih kuliah di Universitas Pakuan Bogor, aku izin sama papa.  'Pah boleh nggak aku buat album pengen bikin aja, tapi bukan jadi penyanyi, hanya mau lihat kaset dan CD aku dijual di toko kaset. Kata papaku harus selesaikan kuliah dulu. Papaku memang nggak suka aku jadi penyanyi, dia mintanya aku serius ke pendidikan.

Permintaannya Dituruti kan?

Ya akhirnya aku ngebut kuliah dan selesai. Saat itu, umurku masih 21 tahun dan bermimpi ingin jadi penyanyi, yang kaset atau CD-nya ada di toko kaset. Kayaknya membayangkannya gimana gitu ya, melihat foto kita terpajang di toko-toko kaset. Akhirnya aku ketemu deh sama Dewiq dan Pay, itu tahun 2006. Kita ngobrol, lalu terciptalah lagu "Bohong". Aku perdengarkan ke papa aku dan akhirnya papa setuju. Cuma papa bertanya, 'benar nih kamu mau jadi penyanyi dan nggak mau meneruskan master ke Belanda? Aku bilang nggak.

Jadilah "Bohong" masuk dalam album perdana Syahrini. Penyanyi berkulit putih itu pun menyanyikan lirik lagu di album pertamanya tersebut dengan gayanya yang kemayu dan manja. Matanya pun ikut berkejap-kejap.  'Kau bohong, kau bohong lagi, lagi. Dan aku percaya'

Bagaimana selanjutnya nasib album itu?

Aku launching waktu itu aku ingat tahun 2007. Tepatnya 1 Maret 2007, launchingnya di RCTI. Sebelumnya, aku dikenalkan ke wartawan dulu ya. Aku make up profesional demi penampilan pertama aku ya. Namanya juga mau tampil di televisi. Aku dandan full untuk acara itu. Kemudian dari itu, aku diajak tur 9 kota bersama Padi dan Ari Lasso. Mereka banyak membantu sehingga aku punya pengalaman untuk beradaptasi di panggung yang besar dan penontonnya banyak. Selain di tanah air, aku juga sempat mengisi acara ke Italia, London, dan Hongkong bermodalkan lagu "Bohong" dan "MyLovely". Cuma karena nggak booming, aku memang lebih banyak off air-nya.

Anda mulai semakin dikenal setelah duet dengan Anang, bagaimana ceritanya hingga akhirnya berduet dengan Anang?

Tahun 2009 aku mendapat undangan nyanyi dari RCTI. Isi acara live di Semarang. Di situlah ketemu sama Mas Anang. Saat itu,kan Mas Anang juga lagi booming ya lewat lagu "Separuh Jiwaku Pergi", pas banget dengan ramainya soal perceraianya dengan KD. Kebetulan ada penyanyi yang nggak bisa hadir, jadilah aku diminta panitia untuk berduet dengan Mas Anang. Aku bingung ya, nyanyi lagu apa.  Akhirnya aku membawakan lagu 'yang ini 'cintailah diriku untuk selamanya. Milikilah diriku untuk selamanya'. Mas Anang bawa gitar, gonjreng-gonjreng gitu ya.

Dari situ kemudian berkenalan secara pribadi, aku berpikiran kalau Mas Anang mau jual lagunya ke aku boleh. Tapi, ternyata konsepnya aku duet sama dia.

Perasaannya duet dengan Anang berhasil?

Kalau proses duetnya kan sudah tahu ya, bagaimana saya dengan Mas Anang. Nggak harus diceritain lagi. Dan aku juga nggak mengerti berita kita berdua sangat kencang saat itu. Mungkin karena aku duet sama Mas Anang bertepatan dengan perceraian dengan KD. Jadi ada yang bilang aku pengganti KD, pacarnya Mas Ananglah. Tapi November 2009 kerjasama kita berakhir. Kita pecah kongsi.

Kok bisa pecah kongsi, bukannya duet kalian sangat diterima masyarakat?

Aku memutuskan untuk tidak lagi bekerjasama. Penyebabnya? Karena sesuatu yang mendalam jadi nggak bisa aku bahas. Ya sudah, biarlah itu menjadi sejarah perjalanan karierku saja.

Apakah merasa percaya diri lagi untuk menyanyi solo. Apalagi sempat diramalkan Anda tidak akan sukses tanpa Anang?

Memang banyak pertanyaan saat aku nyanyi sendiri, kayak Mas Anang kemana, kok sendiri. Aku sudah kenyang dengan pertanyaan itu. Aku kembali solo dengan berbekal keyakinan saya. Memang dulu sempat digadang-gadang, Syahrini tidak akan menjadi Syahrini tanpa campur tangan Mas Anang. Aku juga sempat kaget sih waktu ada yang bilang seperti itu.

Insya Allah sih kalau kita punya talenta, aku tawakal, kerja keras. Aku modalnya itu saja. Dan aku tunjukkan hari ini,  aku masih bisa berdiri dan seperti sekarang ini.

Anda merasa lebih sukses tanpa Anang?

Alhamdulillah ya, berbekal pengalaman 2010, aku jalani di tahun 2011. Akhirnya single "Aku Tak Biasa', walau lagu lama tapi luar biasa hasilnya. Sebuah Mercy SLK kebeli dari hasil RBT lagu itu. Alhamdulillah ya, semua berkat dedikasi aku di dunia musik, kerja keras dan fokus sama bidangnya. Aku juga banyak dapat penghargaan sepanjang tahun 2011 untuk single "Aku Tak Biasa" dan "Kau Yang Memilih Aku".

Berkat kesuksesan Anda, ada yang bilang Syahrini penyanyi yang fenomenal? Tanggapan Anda?

Alhamudulillah ya, aku hanya jalani karierku saat ini. Nggak mau yang neko-neko, aku nggak mau terbebani dengan pujian-pujian yang aku terima. Cuma aku tetap senang dibilang seperti itu.

Sepanjang wawancara wajah Syahrini selalu dihiasi dengan senyum. Ia juga selalu memainkan rambutnya yang panjang, dan juga menyanyikan beberapa lagu-lagunya yang pernah hits. Wajah Syahrini pun tidak berubah, ketika ditanya soal berbagai gosip miring yang sering menerpanya.

Anda salah satu artis yang sering terkena gosip. Apakah kritikan pedas dan juga gosip sempat membuat Anda goyah dan terpuruk?

Aku nggak drop ya dengan berbagai kritikan yang sempat aku dengar terutama setelah lepas dari Mas Anang. Aku buktikan saja, dan aku itu kebiasaan aku tetap jalan ke depan, fokus dengan apa yang aku lakukan. Aku juga bukan menjual sensasi, buktinya aku punya karya dan banyak orang suka sama karyaku. Aku juga mendapat banyak penghargaan. Jadi nggak mau mikirin juga, Sekarang buat aku adalah menjadi penyanyi yang baik, bekerja, bekerja dan bekerja.

Selalu ada yang terbaru dari Syahrini, seperti bulu mata anti badai, jambul khatulistiwa, kaftan Syahrini.

Sepertinya sudah lama Anda tidak menggebrak dalam hal penampilan. Kira-kira apa yang terbaru dari Syahrini?

Aku memang selalu memikirkan apa lagi yang terbaru dari Syahrini ya. Aku selalu mencari-cari ide untuk mendapatkan sesuatu yang bagus dan berbeda. Aku harus selalu fresh dengan ide-idenya, biar orang nggak bosan dan selalu menanti yang terbaru dari Syahrini. Kalau kita tampil cantik kan, penonton akan senang.

Dan di tahun ini, aku juga baru bikin video klip. Lagunya judulnya "Semua Karena Cinta". Dalam video klip itu, aku tampil beda. Aku pakai rambut yang panjangnya sampai 2 meter. Rambutnya tuh yang panjang banget dan menggulung-gulung, berat banget ya, kayak ular. Aku juga bilangnya itu rambut Anaconda.

Apakah nggak berat dengan rambut panjang itu?

Ya gitu deh. Nggak bisa diungkapkan, hahaha..Beautiful is pain, jadi ditahan-tahan aja. Syutingnya juga cuma satu hari, biar sinergi dengan konsepnya saja. Aku dibuat supaya kelihatan sedih dalam video klip itu.

Katanya Syahrini suka berkuda? Apakah kegiatan itu masih tetap dilakukan saat kesibukan yang padat?

Hobiku memang berkuda. Cuma sekarang sudah nggak lagi, karena jatuh dan patah tangan. Cuma kudanya masih ada di Ciganjur. Sekarang hobi aku ya rekaman, pilates, olahraga pastinya. Kegiatan aku sekarang kan banyak diluar, ada juga kegiatan side job, usaha-usaha yang lain untuk investasi di hari tua.

Katanya karena sudah nggak berkuda, hobinya berubah menjadi suka belanja. Katanya suka sampai miliaran kalau belanja?

"Gosip itu, nggak sampai seperti itu. Masih normal kok. Aku itu kalau mau nabung, mau beli sepatu mahal, atau tas mahal aku pasti nabung dulu. Belanjanya nunggu aku nabung. Kalau ada sisa-sisa uang dari kerjaan aku beliin. Aku prediksi dan perkirakan dulu ya, apa yang menjadi prioritas. Memang kalau keluar negeri suka belanja, itu pun untuk keperluan penampilan di panggung ya. Aku tahu apa yang kubutuhkan, jadi suka cari-cari sendiri.

Apa saja sih yang sering dibeli saat belanja?

Aku itu kalau belanja fokusnya di sepatu. Aku memang koleksi sepatu dan suka sama sepatu. Biasanya sepatu-sepatu yang buat manggung. Yang penting aku belanja pakai uang hasil keringatku sendiri ya, dari kerja kerasku. Itu juga masih wajar-wajar saja.

Lantas, apa sih yang menjadi rahasias sukses Syahrini, hingga dikabarkan menjadi penyanyi wanita termahal saat ini?

Alhamdulillah ya, kalau seperti itu. Semua aku syukuri, kalau soal honor manggung aku bisa fleksibel kok. Pokoknya aku bisa sukses seperti sekarang ini, karena aku selalu berpikir positif, fokus, berdoa dan selalu minta doa orangtua. Aku sangat dekat dengan keluargaku, mereka seperti nyawa bagiku. Kesuksesan yang aku raih ini, juga berkat keluargaku ya. Mereka selalu mendukung aku dan menjadi penyemangat aku. Keluarga segalanya buat aku. (ren)

796 Ribu AgenBRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Masyarakat Selama Libur Lebaran
Baterai Blade BYD

Baterai Baru BYD Siap Menggebrak Pasar Otomotif

BYD, raksasa otomotif dan baterai asal Tiongkok, mengumumkan peluncuran baterai blade generasi kedua yang dijadwalkan pada akhir tahun ini, kemungkinan pada bulan Agustus

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024