VIDEO: Mengintip Keseharian Muslim di India

Suasana lebaran di Kashmir, India
Sumber :
  • Associated Press

VIVAnews - Populasi muslim di India merupakan terbesar kedua di dunia setelah Indonesia. Setidaknya ada sekitar 160 juta muslim di anak benua Asia ini.

Meski jumlah populasinya 160 juta, muslim di India terbilang minoritas. Angka populasi ini jauh sedikit dibanding Hindu yang merupakan agama yang dianut mayoritas penduduk India.

Meski minoritas, muslim India tidak mendapatkan dibatasi dalam beribadah dan menjalani aktivitas sosial. Toleransi ini juga yang menyebabkan sebagian besar muslim di India merupakan mualaf. Kampung muslim dapat ditemui di seluruh penjuru India, termasuk di New Delhi.

Meski begitu, muslim di India sulit mendapatkan tempat untuk berkarier di pemerintahan. Ini pula yang menyebabkan banyak yang memilih menjadi pedagang, atau profesi lain.

Salah satunya adalah Irsyad Hussain Farooqi yang memilih menjadi seniman kaligrafi. Karya Irsyad terbilang sangat baik, bahkan berkelas dunia.

"Dalam sejarah kemerdekaan India hanya saya yang mendapat penghargaan. Mungkin ini karena saya bekerja berdasarkan passion atau shabr," ujar Irsyad.

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

Seperti apa muslim di India? Lihat videonya di (umi)

Pintu rumah dengan warna merah terang

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Warna pintu rumah adalah hal yang akan dilihat pertama kali oleh orang yang berkunjung. Oleh karenanya, pintu rumah harus memberikan kesan yang baik dan eye-catching.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024