Mau Rambut Sehat? Kanali Empat Fakta Ini

Rambut Indah
Sumber :

VIVAlife – Bagi seorang wanita, rambut adalah mahkota berharga yang kerap dijaga. Tak heran, jika banyak wanita yang habis-habisan untuk melakukan perawatan di tiap minggunya. Mulai dari creambath, hair mask hingga pemberian nutrisi pada rambut pun sering dilakukan untuk menjadikan rambut tampil cantik dan sehat.

Namun, masih ada beberapa hal tentang perawatan rambut yang belum banyak diketahui. Maksud hati ingin memanjakan dan merawat, tapi yang ada rambut menjadi rusak dan rontok. Nah, agar tak salah kaprah, sebaiknya Anda kenali dulu tip dan trik perawatan rambut di bawah ini:

Jangan sisir rambut ketika basah

Saat rambut basah, rambut menjadi lebih mudah rontok ketimbang dalam kondisi kering. Jadi, akan lebih baik jika Anda menyisir rambut sebelum mandi atau keramas. Hal lain yang dapat dilakukan agar rambut tidak kusut, saat pemakaian kondisioner ketika keramas, sisirlah rambut  dengan menggunakan jari.

Perhatikan fungsi sampo dan kondisioner

Tertipu dengan iklan-iklan di televisi menjadikan Anda buta akan keamanan dan kesehatan rambut. Ketika keramas, rambut dibersihkan dari akar hingga kulit kepala menggunakan shampo.

Namun akan berbeda fungsinya pada konditioner. Pemakaian pelembut rambut ini sebenarnya hanya boleh diaplikasikan pada ujung rambut tidak untuk dioleskan pada kulit kepala. Selain dapat menyebabkan kulit kepala menjadi berminyak, akar-akar rambut pun juga menjadi lemas.

Hairdryer

Usai membersihkan rambut dengan keramas, kebanyakan wanita menginginkan cara yang instan, yaitu mengeringkannya dengan menggunakan hairdryer. Sayangnya, cara ini tidak terlalu baik untuk kesehatan rambut Anda.

Bagi mereka yang memiliki masalah pada rambutnya seperti rambut rontok, sebaiknya hindari penggunaan hairdryer dan blow. Ini dikarenakan rambut Anda akan semakin rontok karena menerima suhu panas dari alat-alat kecantikan tersebut. Untuk mencegah kerusakan rambut, sebaiknya keringkan rambut secara alami.

Basahi rambut sebelum berenang

Mengutip thebeautybean, ada baiknya jika sebelum berenang, baik di kolam renang atau laut, Anda membasahi rambut terlebih dahulu. Rambut kering, ketika dibasahi dengan menggunakan air kran, akan mencegah kaporit, klorin atau garam dari penetrasi rambut. Inilah yang kemudian menyebabkan rambut Anda mengalami kerusakan.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024