Beom-Yuong, Kiper Cadangan Tumpuan Korsel

Aksi Lee Beom-Young saat menahan tendangan Daniel Sturridge
Sumber :
  • REUTERS/Francois Lenoir

VIVAbola - Harapan besar Korea Selatan berada di bahu kiper muda mereka Lee Beom-Yuong. Pada laga semifinal Olimpiade 2012 London, kiper cadangan itu diharapkan bisa menahan gempuran Brasil.

Nama Beom-Young mungkin belum mencuat di bawah gawang Korea Selatan, namun semua berubah usai laga melawan Inggris Raya di perempat-final, 4 Agustus 2012, lalu.

Masuk pada menit ke-62 menggantikan kiper utama, Jung Sung-Ryong, kiper berusia 23 tahun itu tampil lumayan bagus menahan gempuran Team GB. Baru pada adu penalti, Beom-Young memperlihatkan kemampuannya.

Empat eksekutor pertama Team GB memang gagal ia halau, namun saat Daniel Sturridge maju sebagai penendang terakhi,r kiper Busan I'Park itu berhasil membaca bola dengan sempurna. Suksesnya itu pun membawa Korsel lolos ke semifinal Olimpiade untuk pertama kali dalam sejarah.

Sekarang di babak empat besar kemampuan Beom-Young akan benar-benar diuji, karena sang kiper utama dipastikan tidak main. Selain tampil sejak menit pertama, lawan yang dihadapinya adalah tim favorit, Brasil.

Lini depan Brasil tidak dapat dianggap remeh. Neymar, Leandro Damiao dan Oscar dipastikan akan jadi ancaman langsung gawang 'Negeri Gingseng'. Kesigapan Beom-Young pun diharapkan kembali muncul pada fase krusial ini.

Caps pemain bertinggi 199cm ini masih sangat minim yaitu hanya sembilan saja. Ini pun bisa jadi faktor minus saat menghadapi tim sekaliber Brasil. Tapi, dengan tubuh tinggi dipastikan serangan panjang maupun dari sayap 'Selecao' dapat diredam tanpa kesulitan.

Melawan Brasil tidak bisa mengandalkan tinggi badan saja, kemampuan shot-stopper ini menghentikan tendangan-tendangan keras juga bisa jadi nilai plus. Neymar cs memang dikenal suka melepaskan sepakan jauh yang berbahaya.

Di London 2012 ini, Beum-Young baru tampil pertama pada laga perempat-final kemarin. Besarnya tekanan bisa membuat kiper muda ini agak kesulitan. Tapi jika bisa tampil lepas tanpa beban, biasanya kiper cadangan mampu menunjukan kualitasnya karena memiliki kesempatan merebut posisi utama.

FOTO: Meksiko Bikin Brasil Bertekuk Lutut
Tim Meksiko bergaya dengan medali emas Olimpiade

FOTO: Meksiko Bikin Brasil Bertekuk Lutut

Injury time 3 menit tak cukup bagi Brasil untuk mencetak gol kedua.

img_title
VIVA.co.id
12 Agustus 2012