Aman Berolahraga Saat Cuaca Panas

Ilustrasi olahraga lari.
Sumber :

VIVAlife - Cuaca yang panas dan terik matahari seringkali membuat Anda merasa tidak tahan untuk melakukan jogging atau berlari secara rutin. Dehidrasi, lemas, kepala berkunang-kunang dan kulit terbakar, adalah risiko yang harus dihadapai saat olahraga di cuaca panas.

Berhati-hatilah, karena jika Anda memaksakan, justru dapat membahayakan kesehatan. Jika tetap ingin berlari, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut

- Jam tertentu

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Ketahui jam-jam berapa saja matahari tidak bersinar terlalu terik. Terkadang pagi hari dan kadang pula sore hari. Sebaiknya Anda fleksibel terhadap waktu olahraga  agar dapatberolahraga dengan nyaman. Tak masalah jika memang olahraga malam hari.

- Berlari di tempat tertentu

Coba pilih jalur lari Anda di sekitar tempat yang terdapat pepohonan rindang agar mengurangi terik matahari yang mengenai tubuh. Atur kembali jadwal olahraga. Jika cuaca sedang panas-panasnya dan Anda merasa tidak sanggup bertahan di bawah terik matahari maka jangan memaksa. Anda dapat berlari dengan waktu yang singkat atau mengurangi jadwal lari Anda menjadi dua kali seminggu.

- Perlahan

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

Jika Anda biasa melakukan olahraga lari selama 30 menit, maka perlambat tempo. Misalnya, dengan melakukan pemanasan seperti jogging atau jalan cepat sebelumnya.

- Aktivitas kardio

Bersepeda melawan angin, berenang di air dingin atau hiking di bawah pepohonan yang rimbun akan membantu tubuh membakar kalori tanpa membuat Anda merasa kepanasan.

- Gunakan kekuatan air

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

Basahi kepala atau gunakan handuk yang sudah Anda celupkan pada air dingin untuk membantu Anda tetap merasa sejuk.

- Olahraga indoor

Mungkin sudah saatnya Anda memanfaatkan keuntungan sebagai anggota di pusat kebugaran. Jika tak suka, maka Anda dapat membakar kalori dengan cara sederhana di rumah. Seperti, lompat tali, turun naik tangga atau latihan kekuatan secara rutin.

- Selalu minum air putih

Minum air mineral setiap saat, bukan hanya setelah lari. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi akan membantu mencegah beberapa tanda yang mungkin akan Anda alami dengan berolahraga saat cuaca panas seperti sakit kepala dan mual. Saat berlari, seperti dilansir dari Fit Sugar, minum empat hingga delapan gelas air putih setiap 15 sampai 20 menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya