Kelebihan Zat Besi Picu Kanker Usus

steak daging merah
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife – Kelebihan zat besi pada tubuh memang tidak baik, sebab bisa membuat tubuh  rentan terhadap penyakit, salah satunya adalah kanker usus. Mungkin hal inilah yang menjadi alasan mengapa kita harus membatasi konsumsi daging merah.

Sebuah penelitian di Birmingham telah menunjukkan, zat besi yang masuk dalam usus dan berinteraksi dengan gen yang rusak akan memicu kanker.  Daging merah mengandung sejumlah zat besi yang tinggi yang dapat meningkatkan kemungkinan kanker usus.

Dalam penelitian hewan uji coba tikus, para peneliti menemukan bahwa kerentanan terhadap kanker usus sangat dipengaruhi oleh zat besi dan gen yang disebut APC. Saat gen APC adalah salah atau rusak, tikus dengan asupan zat besi tinggi akan mengalami dua sampai tiga kali lebih mengembangkan penyakit, seperti yang ditulis dalam Huffingtonpost.

Kepala peneliti, Profesor Owen Samson, wakil direktur  Cancer Research UK Institutefor Cancer Research di Glasgow, mengattakan “ gen APC rusak dalam sekitar 8-10 kanker usus, tapi hingga kini kami belum tahu apa penyebabnya. Sudah jelas bahwa zat besi memainkan peranan penting dalam mengembangkan perkembangan usus pada orang dengan gen APC rusak”.

Tingginya zat besi tak hanya ada pada daging merah dan bayam. Tapi juga ada pada jenis makanan di bawah ini:

1.Tomat kering
2.Dried apricot
3.Biji bungan matahari/kuaci
4.Kerang
5.Logam
6.Kismi
7.Selada air
8.Plum
9.Kacang merah

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024