Lebaran, Bank Cari Peluang Bisnis Remitansi

CIMB Niaga Go Mobile
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Jelang Lebaran, bank-bank seperti berlomba menarik peluang pendapatan. Mereka meningkatkan layanan produk perbankannya untuk melayani kebutuhan nasabah.

Tak terkecuali PT Bank CIMB Niaga Tbk. Bank hasil merger PT Bank Lippo Tbk dan PT Bank CIMB Niaga Tbk itu meningkatkan bisnis layanan pengiriman dan penerimaan uang (remitansi) dengan membidik tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri.

"Menjelang Lebaran, biasanya terjadi peningkatan pengiriman uang oleh TKI di luar negeri, kepada keluarga mereka di Indonesia," kata Vonny Irawan, Head of Financial Institutions CIMB Niaga, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin 13 Agustus 2012.

Pada Juli 2012, dia mengatakan, CIMB Niaga mencatatkan peningkatan total volume transaksi pengiriman maupun penerimaan uang dari TKI sebesar 29,86 persen dibanding bulan sebelumnya. "Seperti tahun sebelumnya, Ramadan dan Lebaran menjadi momen peningkatan bisnis layanan remittance TKI," ujarnya.

Dia menjelaskan, layanan ini telah dikembangkan CIMB Niaga sejak 1989 di Hong Kong. Selanjutnya, layanan tersebut merambah ke negara-negara tujuan kerja TKI lainnya seperti Malaysia, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Kuwait.

"Untuk layanan remittance TKI, kami bekerja sama dengan institusi perbankan di luar negeri dan perusahaan jasa pengiriman uang global," ujarnya.

Khusus untuk Malaysia, dia menambahkan, CIMB Niaga bersinergi dengan induk usaha yaitu CIMB Group, untuk pengiriman dan penerimaan uang. Kiriman uang dari nasabah akan diteruskan melalui CIMB Niaga yang kemudian memproses pengiriman dana kepada keluarga nasabah yang memiliki rekening di bank umum mana pun di Indonesia.

Vonny menambahkan, potensi bisnis transfer valas di Indonesia masih menarik. Kondisi perekonomian Indonesia yang stabil, meski dibayangi ancaman krisis Eropa, menjadikan cukup banyak pemain yang melirik bisnis ini. (adi)

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024