Ingin Payudara Sehat, Konsumsi Brokoli

brokoli
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Semakin banyak daftar makanan pencegah kanker payudara. Setelah ginseng, delima, kacang kedelai, minyak ikan, dan roti gandum, kini giliran brokoli menjadi senjata baru untuk melawan kanker ini. 

Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila

Sebelumnya, para peneliti memang telah mengungkapkan bahwa senyawa yang terdapat pada brokoli dapat meningkatkan enzim yang melindungi jaringan payudara.

Dan kini, para peneliti kembali memanfaatkan molekul dan sulforaphane untuk diberikan pada pasien yang didiagnosa mengidap kanker payudara. Sulforaphane sendiri akan diproduksi melalui glucoraphanin, senyawa yang ada pada brokoli.

Sebagian Daerah Hapus Pajak Progresif dan Bea Balik Nama, Ini Daftarnya

Seperti dilansir Daily Mail, para peneliti dari  Institute of Food Research (IFR) percaya jika sulforaphane dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Ini seperti anti bodi alami yang dapat mencegah kanker dengan sendirinya.

"Zat ini terbukti membantu mempertahankan keseimbangan antioksidan dalam tubuh. Ini sangat diperlukan untu mengatasi pengaruh dari diet, lingkungan, dan karsinogen," papar Dr. Maria Traka, peneliti dari IFR.

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)

Sulforaphane juga akan bekerja untuk memproduksi enzim lain dalam tubuh yang akan mengeluarkan karsinogen. Hal ini secara otomatis akan menghambat perkembangan sel-sel kanker yang masih mungkin bertahan saat melakukan terapi radiasi dan kemoterapi.

"Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda disarankan untuk mengkonsumsi tiga atau empat porsi brokoli dalam seminggu. Pada beberapa orang mungkin ini akan tampak sulit dan membosankan. Terlebih bagi mereka yang tidak menyukai sayuran. Namun Anda harus membuktikan khasiatnya sendiri," tambah Traka.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Mantan PM Inggris Tony Blair

Bertemu Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Inklusivitas Keuangan Hingga Stabilitas Geopolitik

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan mantan Perdana Menterin (PM) Inggris Tony Blair melakukan pertemuan di Kantor Kemenko Perekonomian.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024