Lima Film Terbaik Sutradara Tony Scott

Tony Scott
Sumber :

VIVAlife - Sebelum mengakhiri hidupnya secara tragis, dengan melompat dari jembatan Minggu lalu, Tony Scott telah menorehkan tinta emas dalam perjalanan kariernya di industri film dunia. Karya-karyanya dikenal sebagai film yang brilian, seperti Top Gun yang masih tenar hingga kini. Lewat film itu, tangan dingin Scott berhasil membidani lahirnya bintang baru yang karakternya makin terasah, Tom Cruise.

Scott dikenal sebagai sutradara yang sangat visual dan mampu menggarap film dari berbagai genre. Sukses dengan film itu, adik Ridley Scott yang juga sutradara itu pun melahirkan film-film fenomenal lainnya. Berikut lima film terbaik Tony Scott selama tiga dekade, seperti yang dilansir thewrap.com:

1. The Hunger (1983)

Jangan berpikir Twilight merupakan film pertama tentang kehidupan vampir yang fenomenal. The Hunger lebih dulu mengulik kisah cinta segitiga di dunia vampir. Ini merupakan debut pertama Scott di bidang penyutradaraan film. Menurut kritikus, The Hunger sangat cantik dan agak terlalu matang untuk ukuran Scott. Dibandingkan Twilight, film ini lebih ceria dan sedikit sensasional. Scott sangat mengandalkan seni dekorasi dan pencahayaan saat menyatukan artis Susan Sarandon, Catherine Deneuve, dan David Bowie dalam film ini.

2. Top Gun (1986)

Inilah film Scott yang paling banyak diingat sepanjang karirnya sebagai sutradara. Caranya mengemas film aksi sekaligus romantis, sangat mengena pada seluruh pecinta film di dunia. Tidak ada yang bisa melupakan perpaduan akting Tom Cruise dan Kelly McGillis dalam film ini. Berkat Top Gun, Tom Cruise pun menjadi superstar. Garapan Scott di film ini mirip dengan nuansa blockbuster modern seperti Mission Impossible dan Transformers.

3. True Romance (1993)

Garapan Scott kali ini terasa sedikit langka karena cukup berlumuran darah dan sepertinya ini pertama kali Scott berurusan dengan film kriminal. Namun, ia tetap memasukkan unsur budaya populer dalam film ini. Menurut The Wrap, True Romance merupakan karya Scott yang paling meyakinkan dan matang. Penonton diajak menguji adrenalin lewat dialog-dialog saat Christopher Walken menginterogasi Dennis Hopper yang menegangkan.

4. Crimson Tide (1995)

Ini merupakan salah satu film Scott yang paling diingat dan sangat terkendali. Ia menciptakan sebuah film cerdas dengan dialog-dialog menggelitik tentang nuklir, yang menampilkan kecepatan ritme dengan banyak close up di tokoh Denzel Washington serta Gene Hackman. Tekhnik itu seakan membuat penonton paranoid. Hebatnya, Scott bisa memberikan bobot yang sama pada dua pria yang tengah berdebat untuk menembakkan rudal ke sebuah instalasi nuklir Rusia. Jika itu dilakukan, akan berpotensi menghasut Perang Dunia III. Sebuah dilema militer yang rumit dikombinasikan dengan batas etika moral yang berada di area abu-abu, sangat mengocok kecerdasan penonton.

5. Man on Fire (2004)

Scott kembali menggunakan Denzel Washington dalam film aksinya kali ini. Meski esensi filmnya tentang balas dendam ‘berdarah’, yang notabene main hakim sendiri, namun banyak yang mengakui ini termasuk salah satu film terbaik Scott. Ia menampilkan Washington sebagai karakter yang menikmati saat dirinya menyiksa lawan-lawannya. Sebagai seorang agen CIA yang berubah menjadi bodyguard pribadi, ia tak ragu menggunakan teknik brutal, mengalahkan penjahat Meksiko yang menculik ‘klien’ mudanya, diperankan oleh Dakota Fanning. Pembalasan dendam yang menjadi inti film ini, seakan terhapus oleh harunya romantisme kekeluargaan yang dibangun Washington dengan Fanning.

Itulah lima karya terbaik Tony Scott yang tidak akan dilupakan pecinta film di dunia, meski sang sutradara tidak akan lagi menorehkan karya brilian, karena memutuskan mengakhiri hidupnya dengan tragis di usia 68 tahun.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024