Mengungkap Rahasia Merapi dari Ketep Pass

Ketep pass magelang
Sumber :
  • indonesianing.blogspot.com

VIVAlife - Wisata pegunungan selalu menarik untuk dinikmati. Gunung berapi sekalipun. Demikian juga dengan Gunung Merapi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Meski sempat menjadi pembicaraan hangat karena letusannya beberapa waktu lalu, kini Merapi sudah kembali bersahabat. Bahkan siap menyejukkan Anda dengan segala keindahannya yang wajib diungkap.

Peserta UTBK Diimbau Waspada Penipuan Janji Kelulusan

Puncaknya yang berselimut kabut tipis, menjadi objek wisata tersendiri. Anda bisa melihatnya dari jarak dekat, melalui Ketep Pass. Areal wisata di Bukit Sawangan, Magelang. Tepatnya diantara lereng Merapi dan Merbabu.

Anda bisa menelaah seindahan setiap sudut Merapi dari sini. Begitu masuk pelataran parkir, hamparan pemandangan gunung, plus hawa sejuknya sudah menyambut. Atau jika ingin menatap lebih dekat, Anda hanya cukup mengeluarkan uang Rp1000,- untuk menyewa teropong pandang. Ingin lebih detail? Ada juga teleskop dengan biaya sewa Rp2500,-.

Ketep pass magelang

Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia

Dari lokasi Puncak Panca Arga, Anda juga dapat menyaksikan pemandangan barisan Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Gunung Slamet. Silahkan mengagumi pesonanya hingga puas.

Selain Puncak Panca Arga, Ketep Pass juga memfasilitasi wisatawan dengan museum vulkanologi, 'Ketep Volcano Center'. Di sana terpampang informasi lengkap soal gunung berapi. Mulai dari sejarah, foto-foto letusan awan panas, diorama Puncak Garuda (puncak Gunung Merapi), sampai tips penanggulangan bencana.

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia

Ketep pass magelang

Visualisasi yang menarikpun dikemas dalam film pendek yang diputar di 'Ketep Volcano Theatre'.  Bioskop mini berkapasitas 78 kursi. Meski hanya 25 enit, film ini cukup merangkum sejarah terbentuknya Gunung Merapi, jalur pendakian, letusan dahsyat lengkap dengan wedhus gembel-nya, dan berbagai peristiwa lain. Menarik bukan?

Tidak terlalu sulit untuk mengakses objek wisata ini. Anda bisa melalui kota-kota terdekat, Magelang, Surakarta, ataupun Yogyakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya