4 Makanan Penyebab Perut Kembung

Susu
Sumber :

VIVAlife - Tidak nikmat rasanya jika acara makan-makan, yang seharusnya menyenangkan, berakhir dengan perut kembung. Selain mengganggu penampilan, juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman karena bagian perut jadi terasa 'berat'.

Menurut ahli gizi Keri Glassman, selain karena proses makan yang terlalu cepat atau konsumsi minuman berkarbonasi, perut kembung bisa juga disebabkan beberapa jenis makanan. Masalah terjadi saat Anda mengenakan balutan pakaian ketat, ataupun menghadiri acara penting, hindari makanan ini untuk melindungi perut.

Sayuran
Dilansir Women's Health, sayur-sayuran seperti brokoli, asparagus, dan brussel sprout, banyak mengandung rafinosa. Yakni zat pembentuk rasa manis yang juga mampu menghasilakan gas berlebih saat dicerna. 

Produk susu
Susu dan berbagai olahannya seperti es krim dan keju mengandung laktosa. Sementara, tubuh kurang memiliki enzim yang cukup untuk mencernanya.

Permen karet
Sebagian besar permen karet yang mengklaim 'bebas gula' biasanya mengandung pemanis buatan, yang sulit diurai usus. Akibatnya, tubuh pun memproduksi gas berlebih sehingga dapat membuat perut kembung.

Kacang polong
Serat larut yang terkandung dalam makanan ini tidak benar-benar langsung larut. Bahkan saat proses pencernaan selesai, hingga dapat dapat memproduksi gas berlebih.

Lalu, apa lagi yang bisa dilakukan supaya acara makan tidak berujung pada perut kembung? "Konsumsi makanan dengan prebiotik, seperti pepaya dan nanas yang mengandung enzim papain dan bromelain. Kedua zat ini sangat baik untuk pencernaan. Kunyah makanan secara perlahan, dan berjalanlah setelah makan," Glassman menyarankan. (ren)

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024