Jumlah Turis China ke Bali Naik Drastis

Turis asing di situs cagar budaya Pura Goa Gajah, Gianyar, Bali.
Sumber :
  • Antara/ Nyoman Budhiana

VIVAnews - Pulau Bali masih menjadi magnet ampuh bagi industri pariwisata Indonesia dalam menarik minat wisatawan mancanegara. Hingga semester pertama tahun ini, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali mencapai 1,4 juta orang. Artinya, jika dibandingkan periode sama tahun lalu, kunjungan wisatawan mancanegara ke Pulau Dewata naik 7,73 persen.

Jumlah itu didominasi wisatawan asal Australia dan China. Kepala Dinas Pariwisata Bali, Ida Bagus Kade Subhiksu, mengatakan wisatawan asal China ke Bali naik drastis sejak semester pertama tahun 2012. Besarnya jumlah kunjungan wisatawan China mendongkrak Negeri Tiongkok itu ke urutan kedua dengan jumlah kunjungan wisatawan terbanyak setelah Australia.

"Australia tetap menduduki posisi pertama soal jumlah kunjungan. Tapi, wisatawan asal China terus meningkat dan menduduki posisi kedua setelahnya," papar Subhiksu di Denpasar, Mingggu 26 Agustus 2012.

Terungkap Suvenir Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Siapkan Ribuan Barang Mewah

Kedekatan Emosional

Menurut Subhiksu, peningkatan kunjungan wisatawan asal China cukup beralasan. Secara historis, urai dia, Bali dan China memiliki kedekatan emosional. Aspek geografis juga mempengaruhi peningkatan kunjungan wisatawan China.

Wisatawan China, sambung Subhiksu, lebih suka ke Bali karena obyek wisata laut dan pantai mudah dijangkau. Beberapa provinsi pegunungan di China seperti Guan Chu, Xanchen dan Yunan mendominasi asal turis wisatawan China ke Bali akhir-akhir ini. "Tujuan mereka ingin melihat obyek wisata laut di Bali," jelasnya.

Lantaran hal itu, Subhiksu menilai obyek wisata Tanah Lot, Pantai Kuta dan kawasan Nusa Dua serta beberapa destinasi wisata laut dan pantai di Bali disesaki wisatawan China.

Tak tanggung-tanggung. Subhiksu menyebut lama tinggal dan tingkat belanja wisatawan China sangat kompetitif dengan wisatawan asal negara lain.

Selama ini,lama tinggal wisatawan China rata-rata 4 hingga 5 hari. Sedangkan jumlah yang dibelanjakan selama tinggal di Bali antara US$100 hingga US$110. "Jarak yang dekat dan kemudahan akses membuat wisatawan China sangat berpotensi untuk digarap lebih efektif," tutup Subhiksu. (ren)

Kata Shin Tae-yong Usai Justin Hubner Tak Diizinkan Cerezo Osaka Gabung Timnas Indonesia U-23
Ilustrasi oknum polisi.

Sadis! Polisi di Bulukumba Tega Aniaya Siswi SMA hingga Patah Tulang dan Rahang Bengkak

Anggota polisi berinisial Briptu AD itu sudah diamankan dan tengah jalani pemeriksaan oleh divisi Propam.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024