Tremor Kecil, Gunung Soputan Meletus Dua Kali

Gunung Soputan
Sumber :
  • ANTARA/Basrul Haq

VIVAnews - Gunung Soputan, yang terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, kembali meletus pada Minggu malam, 26 Agustus 2012. Letusan itu terjadi dua kali, dengan angka pada alat tremor vulkanik, amplituda 46 mm.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Hoyke Makarawung, mengatakan letusan yang terjadi pada gunung Soputan itu secara tiba-tiba tanpa diawali adanya gempa tremor

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

"Pijaran api terlihat jelas dengan ketinggian sekitar 150 meter. Namun untuk abu vulkanik tidak terpantau secara visual karena malam hari," katanya saat dihubungi VIVAnews.

Warga yang berada di sekitar gunung Soputan, imbau Hoyke, tetap waspada hingga radius 6.5km. "Untuk saat ini terkait bantuan, kami mengutamakan dengan adanya pembagian masker untuk berjaga-jaga adanya abu vulkanik, dan kami akan tetap berkoordinasi dengan Pemerintah di pusat maupun di Kabupaten itu" ujar Hoyke.

Hoyke mengatakan bahwa status saat ini dari Waspada (LEvel II) sudah Siaga (Level III). "Sudah ditetapkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVBMG) dinaikan menjadi status Siaga (Level III)," kata Hoyke. (ren)

RUPS PT Federal International Finance

Gelar RUPST, PT Federal International Finance Angkat Siswadi Jadi Presdir Baru

PT Federal International Finance (FIF) mengangkat Presiden Direktur baru dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 pada Jumat, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024