Obesitas Tingkatkan Resiko Kanker Payudara

gemuk merasa langsing
Sumber :
  • inmagine

VIVAlife - Keputusan melakukan program diet bagi sebagian besar wanita adalah keputusan paling tepat. Selain alasan membentuk bentuk tubuh indah, diet juga memberikan dampak kesehatan pada tubuh. Para ahli di New Nyork mengungkapkan hasil studi terbaru, jika para wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas, lebih beresiko pada kanker payudara. 

MK Tolak Seluruh Gugatan Sengketa Pilpres, Sekjen PAN: Mari Kita Hormati Ujung Proses Pemilu Ini

"Pasien yang mengalami obesitas, sangat beresiko terhadap kanker payudara. Dan kemungkinan kambuhnya pun sangat tinggi. Meskipun sudah dilakukan terapi dengan baik," kata Dr Joseph Sparano, ketua asosiasi onkologi di Montefiore Medical Center, NYC.

Reseptor hormon positif kanker payudara akan berkembang seiring peningkatan estrogen pada tubuh. Sedangkan pada wanita obesitas, tingkat hormon estrogen ini lebih tinggi, dibandingkan wanita bertubuh normal. Ini yang memungkinkan kasus kambuh lebih banyak terjadi pada wanita obesitas.

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

Sparano juga mengatakan jika pasien obesitas lebih sering mengalami masalah kesehatan tambahan yang serius. Seperti jantung, kolesterol, hipertensi, dan yang lainnya. Kasus-kasus ekstra ini seringkali menghambat pasien untuk mendapatkan terapi-terapi yang maksimal. 

"Obesitas jelas terkait dengan peningkatan risiko, dan bahkan wanita yang tidak gemuk, tapi kelebihan berat badanpun juga memiliki resiko tinggi," kata Sparano, seperti dikutip Health Day News. 

Terungkap Kelakuan Ayu Dewi di Rumah, Ternyata Aslinya Begini

Penelitian ini juga melakukan pengamatan terhadap dampak pengurangan lemak tubuh dan resiko kambuh pada kasus kanker payudara. Nyatanya, pada sebagian wanita obesitas, menurunkan lemak tidak memberi pengaruh pada penurunan berat badan ataupun memperkecil resiko kambuh. 

Sean Gelael raih posisi 1 di sirkuit Imola

Sean Gelael dan Tim WRT 31 Paling Terdepan, Raih Posisi 1 di Imola

Hasil yang mengagumkan diperoleh oleh Tim W Racing Team (WRT) 31 yang di kendarai oleh Sean Gelael dan dua rekam satu timnya, Augusto Farfus (Brasil) dan Darren Leung.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024