Hidayat: Proyek Monorel Serahkan ke Swasta

Pembukaaan IIMS 2011, MS. Hidayat
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Realisasi pembangunan monorel sampai saat ini belum pasti kapan akan dilanjutkan. Bahkan, karena proyek ini dipegang Pemerintah Daerah DKI Jakarta, kelanjutannya harus menunggu pemilu daerah yang sekarang sedang dilakukan.

Namun, Menteri Perindustrian MS Hidayat berpendapat lain. Menurutnya, mega proyek transportasi umum di Ibukota tersebut jika ingin cepat terealissi seharusnya diserahkan kepada swasta.

"Kala saya, monorel itu hanya bisa dilakukan kalau dikomersialkan. Jadi, nggak ada unsur pemerintah," kata dia di Jakarta, Selasa 28 Agutus 2012.

Hidayat menambahkan, Pemda DKI juga telah memberi sinyal positif bahwa keterlibatan swasta nantinya akan dominan dalam proyek tersebut.

Namun demikian, menurutnya, pada waktu itu proses pembangunannya terhambat audit yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP)  terkait realisasi awal pengerjaan proyek tersebut.

"Mudah-mudahan bisa segera, tetapi monorel secara komersial itu wise," tuturnya.

Menurut Hidayat, realisasi transportasi umum masal ke depannya harus menjadi prioritas utama pemerintah, karena dengan terwujudnya hal tersebut, kebutuhan masyarakat akan kendaraan pribadi akan berkurang dan kemacetan di Jakarta dapat terurai.

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?
Ketua Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) Ganjar-Mahfud Todung Mulya Lubis

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Ketua Tim Hukum pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presiden Mahfud MD, Todung Mulya Lubis mengungkap alasan Risma hingga Sri Mulyani dihadiri di MK.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024