Curiosity Saingi Misi Neil Armstrong

Mengenang Neil Armstrong
Sumber :
  • REUTERS/Edwin Aldrin-NASA/Handout

VIVAnews - Curiosity, kendaraan robotik atau rover milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang sedang melakukan penjelajahan di Mars, berupaya mengikuti jejak legendaris yang tertinggal oleh Neil Armstrong. Ini sekaligus sebagai bentuk penghormatan terhadap Armstrong, astronot pertama AS yang menginjakkan kakinya ke bulan, yang meninggal Sabtu lalu, 25 Agustus 2012.

Neil dan rekannya, Buzz Aldrin, meninggalkan jejak manusia pertama di bulan. Jejak itu berupa bekas tapak sepatu boot yang berbekas di debu bulan, di tiap langkah yang mereka pijakkan.

NASA kemudian mempersiapkan impresi yang sama terhadap pendaratan Curiosity di Mars. Rover itu mendarat di planet merah pada 5 Agustus 2012, dan kemudian melakukan penjelajahan pertama pada 22 Agustus.

Mengutip LiveScience, kepala peneliti Curiosity di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena-AS, John Grotzinger,  mengatakan "gambar ikonik misi itu memperlihatkan empat bekas tancapan dengan jejak roda". Grotzinger kemudian membandingkan foto jejak Curiosity dengan jejak Neil Armstrong.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Saat ditanya apakah Curiosity akan membuat perjalanan yang sama menariknya seperti Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan pilot Michael Collins, Grotzinger menjawab: "Saya pikir selain manusia, robot juga melakukan hal yang hampir sama," ucap Grotzinger. "Analagi itu tentu sangat menarik," lanjutnya.

Jejak Curiosity di MarsJejak kaki Neil Armstrong di bulan
Dukcapil Jakarta Sebut 8,3 Juta Warga Akan Ganti KTP Saat DKI Berubah Jadi DKJ
 

Kendaraan robotik yang dikembangkan dengan dana US$ 2,5 miliar itu akan melakukan misi penjelajahan selama dua tahun di Mars. Curiosity akan mengeksplorasi kawah Gale untuk mencari apakah ditemukan tanda yang mengungkap adanya (atau pernah ada) kehidupan mikrobial di Mars,

Banyak yang menilai, misi Curiosity sama ambisiusnya dengan misi Apollo 11 yang dilakukan Armstong dan kawan-kawan. Dalam misi Apollo 11, AS memang bersaing dengan Uni Soviet dalam penjelajahan angkasa luar. (umi)

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi
TikToker Galih Loss

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Galih Loss menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh umat muslim atas konten yang dibuatnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024