Bangun MRT, Bandung Terobsesi Kalahkan DKI

Gedung Sate Bandung
Sumber :

VIVAnews -  Seperti halnya Jakarta, lalu lintas di Bandung Jawa Barat  kerap kali macet. Itu sebabnya Pemerintah Daerah Bandung berencana membangun Mass Rapid Transit (MRT). Sebentar lagi proses pembangunan MRT itu dimulai. Bahkan bisa mendahului Jakarta yang sudah lama merencanakannya.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Walikota Bandung, Dada Rosada, mengatakan bahwa pemerintah daerah setempat berambisi mempercepat proses pengarapan proyek itu. "Mudah-mudahan Bandung mendahului Jakarta dan mohon maaf," ujar Dada di Jakarta, Selasa 28 Agustus 2012.

Sebagai ibukota provinsi, menurut Dada, Bandung harus memiliki tata ruang yang baik. Daerah ini merupakan pintu birokrasi untuk Provinsi Jawa Barat.
Pembangunan MRT dianggap sebagai salah satu solusi yang bisa menyelesaikan permasalahan transportasi yang di kota yang cukup padat tersebut. 

Pemda Bandung sendiri optimistis proyek MRT tersebut dapat terealisasi. Keyakinan itu didasarkan pada konsep MRT yang menyediakan berbagai moda transportasi masal yang mampu mengakomodir kebutuhan transportasi masyarakat setempat.

Rencananya, MRT tersebut akan diwujudkan dalam bentuk bis massal, monorail dan kereta gantung. "Bisa menampung 600 penumpang. Kan lumayan. Daripada angkutan yang banyak tapi hanya muat  7-8 penumpang,"katanya.

Pembangunan MRT di wilayah Bandung ini juga diharapkan bisa menekan penggunaan kendaraan pribadi masyarakat. Dengan demikian, situasi dan kondisi kota Bandung diharapkan menjadi lebih kondusif.

Sebelumnya, Presiden Direktur Panghegar Grup, Cecep Rukmana mengatakan bahwa pada tahap awal, pihaknya selaku kontraktor telah menandatangani komitmen kerja sama dengan investor asal China yaitu China National Machinery (CMC) guna mengarap persiapan studi kelayakan atau pra feasibility studies (FS) proyek tersebut.

"Jadi, proyek pembangunan MRT ini dengan pola KPS (kerja sama pemerintah dan swasta), di situ ada tahapan persiapan. Sekarang ini tahap persiapan dan mau proyek pra FS," ujarnya. 

Proyek tersebut, kata Cecep, akan menelan biaya sekitar Rp4 triliun. MRT ini, nantinya akan menyambungkan seluruh Kota Bandung mulai dari pusat kota yaitu Dago menuju kabupaten Bandung, Soreang sampai ke kota Cimahi.

Ria Ricis Bahas Soal Tidur Bertiga Anak, Netizen: Nifas Masa Iya Mau Pacaran Mulu
Viral, warung kelontong di Spanyol mirip di Indonesia.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Seorang netizen asal Indonesia membagikan pengalamannya berbelanja di warung kecil di salah satu negara Eropa, Spanyol. Ternyata warung di sana seperti di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024