5 Perawatan Wajib Setelah Berenang

Berenang Semasa Hamil
Sumber :
  • doc. Corbis

VIVAlife - Olahraga renang memang jadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin membakar kalori tanpa berkeringat. Menyegarkan sekaligus melatih seluruh otot tubuh. Namun, olahraga satu ini bisa berdampak buruk pada penampilan.

Kandungan klorin yang sangat tinggi pada air kolam bisa membuat tubuh terpapar secara berlebihan. Rambut, kulit dan kuku Anda pun bisa rusak. Tak mau mengalami hal ini? Selalu lakukan lima langkah berikut, segera setelah Anda berenang.

1. Mata
Penelitian terbaru membuktikan bahwa kuman atau bakteri penyebab mata merah yang terdapat pada peralatan kosmetik, debu, kotoran dan keringat. Semuanya, terdapat di dalam air kolam renang yang bercampur dengan klorin.

Tak heran kalau mata pun terlihat merah dan terasa perih setelah berenang. Untuk menguranginya, seperti dilansir dari Bella Sugar, segera bilas mata secara perlahan menggunakan air bersih kemudian gunakan obat tetes mata.

2. Rambut
Saat rambut terlalu lama terkena klorin, maka akan kering dan mudah kusut. Terlebih lagi bagi Anda para wanita yang mewarnai rambut. Untuk itu lakukan perawatan setiap habis berenang seperti memakai kondisioner dan masker rambut. Jika ingin mencoba cara yang lebih alami, Anda dapat menggunakan cuka untuk membilas rambut Anda setelah keramas.

3. Kuku
Garam, pasir dan semen yang ada di dalam kolam renang dapat menjadi malapetaka bagi pedikur Anda. Setelah berenang, perbaiki pedikur Anda dengan cara melakukan touch-up pada pedikur. Cara lainnya, hapus dengan polish remover dan haluskan kuku. Setelah itu, poles ulang cat kuku favorit Anda.

4. Hilangkan garis hitam
Walaupun Anda sudah memakai sunblock, setelah berenang atau bermain air di pantai atau di kolam renang seharian pasti akan membuat warna kulit jadi belang akibat paparan sinar matahari. Untuk menguranginya, oleskanĀ lotion secara rutin setiap habis mandi dan sebelum tidur untuk mempercepat kembalinya warna kulit Anda seperti semula.

5. Kulit mengelupas
Sinar matahari dan klorin juga dapat membuat kulit jadi kering dan mengelupas. Biasanya proses pengelupasan kulit akan terjadi beberapa hari setelah Anda berenang.

5 Ide Ucapan Lebaran Berbahasa Inggris, Biar Kelihatan Lebih Keren

Cara sederhana merawatnya adalah dengan memakai lotion yang mengandung lidah buaya untuk mengobati kulit yang kering dan iritasi. Selain itu Anda juga dapat pergi ke spa untuk melakukan mandi susu atau perawatan lainnya secara rutin.

Ganjar Pranowo Shalat Idul Fitri di Sleman

Momen Ganjar Pranowo dan Keluarga Laksanakan Salat Idul Fitri di Sleman

Capres Ganjar Pranowo, melaksanakan Salat Idul Fitri 1445 H di Lapangan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu 10 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024