Indonesia Akan Bangun Tiga Kilang Minyak

Ilustrasi kilang minyak.
Sumber :
  • Antara/ Aguk Sudarmojo

VIVAnews- Pemerintah akan membangun tiga kilang minyak baru untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) di masa depan. Dua kilang diantaranya akan dibangun di Bontang, Kalimantan Timur.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, mengatakan pembangunan tiga kilang dengan kapasitas total 900.000 barel per hari akan selesai pada 2018. Dengan pembangunan kilang itu diharapkan dapat mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap BBM.

"Kita harus segera menyelesaikan pembangunan kilang, karena setiap kali membahas masalah BBM selalu timbul kegaduhan politik," ujar Jero di Jakarta, Rabu 29 Agustus 2012.

Menurut dia, saat ini sebanyak 50 persen konsumsi energi Indonesia masih tergantung dari BBM. Sedangkan 20 persennya bergantung kepada gas.
"Inilah sebetulnya menjadi beban di mana minyak makin langka sehingga harganya tentu makin mahal," ujarnya.

Untuk mengurangi ketergantungan terhadap BBM, salah satu cara yaitu mendorong pembangunan energi baru dan terbarukan seperti memanfaatkan energi panas bumi. Terlabih berdasarkan penelitian sebanyak 40 persen sumber panas bumi di dunia ada di Indonesia.

Kapan Nama DKI Jakarta Berganti DKJ Resmi Digunakan?
Sofyan Dado

Keluarga Ungkap Penyebab Meninggalnya Sopyan Dado, Punya Riwayat Diabetes Hingga Sakit Jantung

Sopyan Dado meninggal dunia pada hari ini, Kamis, 28 Maret 2024. Sang aktor meninggal dunia di salah satu rumah sakit yang berada di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024