Al Muzammil Yusuf Gantikan Nasir Djamil di Komisi III

Anggota Komisi III DPR, Nasir Djamil (kiri).
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVAnews - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera merombak anggotanya di DPR. Misalnya, Al Muzammil Yusuf, ditunjuk menjadi Wakil Ketua Komisi III DPR menggantikan Nasir Djamil. Sebelumnya, Al Muzammil menjadi anggota Komisi I DPR.

Sementara, Nasir Djamil bertugas di Komisi VIII dan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT). Hal tersebut disampaikan Ketua Fraksi PKS, Hidayat Nurwahid, usai memimpin rapat pleno fraksi PKS.

Menurut Hidayat Nurwahid, rotasi itu dilakukan untuk mendinamisasi pelaksanaan tugas-tugas anggota untuk mencapai target yang diinginkan partai.

“Pak Nasir telah bertugas dengan baik, kami harap keahliannya di bidang hukum akan menghidupkan suasana kerja di Komisi VIII yang punya beban berat untuk konsep legislasi di bidang agama, sosial, perempuan dan perlindungan anak,” kata Hidayat.

Sementara itu, sambungnya, Al Muzammil ditugaskan Fraksi untuk mengawal beberapa RUU yang menjadi Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2012 hingga tahun 2014.

Konsolidasi BUMN Karya Ditarget Rampung September 2024, Ini Tujuannya

"Poksi III FPKS sampai pada kesimpulan bahwa kami tidak akan melanjutkan pembahasan revisi RUU KPK ke Badan Legislasi, ini akan dikawal lebih lanjut oleh Bung Muzammil,” kata Hidayat.

Sementara Muzammil, menyatakan prioritas di Komisi III ini akan membangun sinergi lembaga-lembaga penegak hukum. “Selain itu pemberantasan korupsi akan menjadi prioritas tugas saya sebagai pimpinan Komisi III,” kata Muzammil.

Dia berharap pengalamannya yang pernah menjadi Wakil Ketua Komisi III di periode DPR 2004-2009 dapat mempercepat adaptasinya menjalankan tugas-tugas di Komisi III.

Rekomposisi anggota FPKS juga terjadi di beberapa Komisi. Menurut Hidayat, hal itu ditujukan untuk mempertajam produk-produk lembaga legislasi yang berorientasi kepentingan rakyat. Ia mencontohkan Fahri Hamzah yang sudah banyak berkontribusi dalam penyusunan Kode Etik Anggota Dewan akan dirotasi ke Badan Akuntabilitas Keuangan Negara.

VIVA Militer: Sertijab Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila

Kolonel Bayu Telah Resmi Lantik Raja Aibon Jadi Kesatria Tanah Wali, Dandim Purwakarta

Raja Aibon Komandan Satuan Terbaik Kostrad.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024