Hutan Terbakar, Petugas Pemadam Nyaris Dilalap Api

Kebakaran Hutan
Sumber :
  • Surabaya Post

VIVAnews – Hutan Cagar Alam Bojong Larang Jayanti di Kabupaten Cianjur semalam terbakar. Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSAD) Cianjur menyatakan, api membakar tiga hektar lahan hutan.

Deretan Pria Pernah Jalin Hubungan dengan Nikita Mirzani dari Bule higga Ajudan Prabowo

Kepala BKSAD Cianjur, Isis Iskandar, mengatakan kobaran api sempat nyaris mencelakakan petugas yang diturunkan untuk memadamkan api. “Sempat hampir terjadi kecelakaan yang bisa memakan korban jiwa saat api berbalik karena tiupan angin. Ini karena petugas kami terjebak di dalamnya,” kata Isis kepada VIVAnews, Minggu 30 September 2012.

Untunglah petugas pemadam bisa membebaskan diri sehingga mereka tidak terbakar hidup-hidup dalam kobaran api. Isis menduga, kebakaran hutan di Cianjur itu diakibatkan ulah manusia. Ia curiga ada pemburu liar yang masuk ke dalam hutan.

Cagar Alam Bojong Larang Jayanti memang kerap disantroni pemburu liar yang ingin menangkap satwa langka yang dilindungi di kawasan ini seperti burung rangkong, merak, dan elang laut. Semua satwa langka itu bernilai sangat tinggi di pasar gelap.

“Saat ini kami sedang melakukan penyidikan dan mengejar para perambah yang telah menyebabkan kebakaran hutan ini,” ujar Isis. Menurutnya, kebakaran hutan bermula sekitar pukul 21.00 WIB, Sabtu malam 29 September 2012. Api baru berhasil dipadamkan pukul 04.00 Minggu dini hari setelah petugas membuat parit untuk melokalisasi api.

Tugas memadamkan api cukup berbahaya karena kondisi hutan yang kering. Ilalang dan daun kering ditambah angin kencang, membuat api cepat merambat dan membesar. Dalam setiap pemadaman kebakaran hutan, kondisi medan memang selalu menjadi penghambar. Titik-titik api pun kerap jauh dari sumber air.

Petugas yang diturunkan untuk mengatasi kebakaran itu berjumlah sekitar 30 orang. Mereka juga dibantu oleh 30 orang lainnya dari Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa Damkar Saka. “Damkar Saka adalah masyarakat yang telah dilatih untuk membantu dan mengantisipasi kebakaran hutan. Tanpa Damkar Saka, petugas kami pasti kewalahan,” kata Isis.

Data BKSDA Cianjur menunjukkan selama kurun waktu tiga bulan terakhir, kawasan hutan Cagar Alam Bojong Larang Jayanti telah terbakar seluas 30 hektar. Total keseluruhan luas hutan itu kini tinggal 732,22 hektar saja. (eh)

Alba Renai.

Presenter Cantik Asal Spanyol Ini Bukan Manusia

Meskipun presenter satu ini, bukanlah manusia, sosok karakter Al ini cepat meraih popularitas hingga dikenal banyak orang di media sosial layaknya seorang selebgram baru.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024