1-10-1908: Ford Produksi Mobil Secara Massal

Produksi massal di pabrik mobil Ford 1913
Sumber :
  • Wikimedia Commons / US Documentation

VIVAnews - Pada 104 tahun yang lalu, produsen otomotif Amerika Serikat (AS), Ford meluncurkan mobil produksi massal pertama yang dikenal sebagai Model T ke pasaran. Model T mengakhiri lima tahun riset Henry Ford dan para teknisinya untuk menciptakan kendaraan dengan harga terjangkau dan dapat diproduksi secara massal.

Menurut laman stasiun televisi The History Channel, nama Model T diambil karena rancangan yang digunakan untuk dipasarkan adalah desain ke-20. T merupakan huruf ke-20 dalam alfabet.

Model T, juga dikenal sebagai Tin Lizzy, adalah bukti kesuksesan Ford mengembangkan perusahaan menjadi produsen kendaraan massal. Ford mampu memproduksi sebuah Model T setiap 24 detik.

Hingga produksinya dihentikan pada 1927, lebih dari 16 juta Model T berhasil dijual. Bentuknya yang sederhana membuat para pembeli Model T memodifikasi mobil ini sesuai kebutuhan masing-masing.

Harian The New York Times mencatat iklan-iklan dalam majalah yang menawarkan aksesoris yang dapat dipakai untuk mengubah sebuah Model T menjadi traktor peternakan, kendaraan semi-truk, atau kendaraan salju. Majalah-majalah juga memberi tips mengubah Model T. (ren)

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor
Nikita Mirzani

Masalah dengan Ajudannya Memanas, Nikita Mirzani Tetap Ucapkan Selamat ke Prabowo Subianto

Terpilihnya Prabowo Subianto sebagai Presiden dan Gibran Rakabuming sebagai Wakil Presiden RI disambut dengan penuh suka cita bangsa Indonesia. Termasuk Nikita Mirzani.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024