Ini Bahaya Penggunaan Kosmetik Palsu

bibir indah
Sumber :

VIVAlife - Beberapa produk dari brand kosmetik ternama mungkin bisa Anda temui dengan harga miring. Bahkan hampir di setiap tempat perbelanjaan, produk ini digelar. Bukan untuk program diskon, tapi ini merupakan produk-produk imitasi.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Para menjual menawarkan harga "banting" hingga 70 persen. Lipstik keluaran merk papan atas yang biasa dibandrol dengan kisaran di atas Rp100 ribu hanya dijual dengan harga Rp20 ribu.

Sekilas, produk ini memang tampak seperti asli jika dilihat dari bentuk kemasannya. Namun Anda dapat merasakan perbedaan melalui tekstur produk. Misalnya saja eye shadow yang warnanya tidak dapat melekat dengan baik. Atau lipstik yang menimbulkan sedikit rasa panas saat dioleskan pada bibir. Ini hanya sedikit "kerugian" produk palsu.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Dikutip Daily Mail, beberapa produk palsu bahkan menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Bahan kimia yang digunakan memicu reaksi alergi kulit, juga kerusakan permanen pada otak dan tubuh. Bahan yang biasa digunakan untuk campuran kosmetik ini adalah timah, tembaga, merkuri ,arsen dan kadmium, yang merupakan logam yang sangat berbahaya. Sebuah eye liner MAC palsu dijual di toko on line dengan harga  £ 3,50 (biasanya dijual  £ 14). Ternyata, kandungan tembaganya 46 kali melebihi batas yang diizinkan. Ini jelas tidak layak digunakan pada mata.

"Kandungan bahan kimia ini dapat menimbulkan jerawat berlebih, pembengkakan, dan gangguan kulit serius seperti psoriasis. Produk kosmetik palsu mungkin juga dibuat dalam lingkungan yang tidak steril. Mengandung bahan karsinogenik yang mengakibatkan gangguan jangka panjang," papar Christine Heemskerk, dari Trading Standards Institute.

Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024

Ditambahkan Heemskerk, produk palsu ini juga sangat mungkin menimbulkan ruam dan infeksi mata karena racun timbal. Juga menyebabkan masalah jantung, ginjal, dan system syaraf.

Bagaimana, masih tergiur dengan harga murah dan kemasan cantik yang ditawarkan? (adi)

Film Badarawuhi di Desa Penari

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Kabar membanggakan datang dari dunia perfilman Tanah Air. Film produksi MD Pictures berjudul Badarawuhi di Desa Penari akan segera tayang di Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024