4 Reaksi Negatif Setelah Berolahraga

Ilustrasi olahraga lari.
Sumber :

VIVAlife - Apapun jenis olahraga yang Anda lakukan, tujuannya pasti membuat tubuh lebih sehat dan bentuknya jadi lebih seksi. Tapi, bagaimana jika setelah berolahraga tubuh malah bereaksi negatif.

Reaksi ini bisa berupa  kram, sakit kepala, ruam hingga mual. Untuk beberapa kasus ini merupakan reaksi sesaat tapi bisa juga berupa gangguan serius. Untuk itu, ketahui perbedaannya.

1. Sakit kepala
Normal: Sedikit pusing
Tidak normal: Sakit kepala dan nyeri otot selama olahraga

Rasa sakit kepala ini, seperti dilansir dari Handbag, bisa terjadi karena tubuh kekurangan asupan oksigen. Jadi pastikan, Anda bernapas dengan benar selama berolahraga. Tahan napas saat Anda sedang mengangkat beban, lalu buang napas secara perlahan saat menurunkannya. Tapi, jika sakit kepala disertai nyeri otot selama dan setelah berolahraga bisa jadi tubuh mengalami masalah. Segera periksakan diri ke dokter.

2. Mual
Normal: Sedikit merasa mual
Tidak normal: Mual berlanjut setelah latihan

Merasakan mual dapat terjadi saat dan setelah berolahraga. Kondisi ini biasanya disebabkan karena tubuh Anda kekurangan cairan. Atau, bisa juga Anda terlalu banyak makan sebelum berolahraga. Untuk itu, sebelum olahraga makanlah secukupnya dan selalu sediakan sebotol air minum di samping Anda saat latihan. Jika mual berlanjut, segera periksakan diri ke dokter.

3. Kram

Normal: Perut kram
Tidak normal : Kram berlangsung cukup lama

Kram pada otot memang wajah terjadi setelah berolahraga. Itu karena otot bekerja cukup keras. Untuk mencegahnya, lakukan pemanasan yang cukup, dan saat terjadi kram kurangi nyerinya dengan minum air putih. Tapi jika kram terjadi cukup lama bisa jadi Anda mengalami anemia.

4. Ruam

Normal: Kulit kemerahan
Not so normal: Bengkak

Panas dan keringat, dua hal ini pasti Anda alami saat berolahraga dan jadi pemicu utama ruam kulit. Pemicunya bisa jadi karena bahan pakaian olahraga yang Anda kenakan tak mampu menyerap keringat dengan baik. Sehingga, menimbulkan iritasi, yaitu kulit kemerahan dan rasa gatal. Untuk itu kenakan pakaian yang nyaman saat berolahraga. Namun jika disertai bengkak dan kesulitan bernapas, tubuh bisa saja mengalami kondisi yang dikenal dengan exercise-induced anaphylaxis. Segera periksakan ke dokter jika mengalaminya. (umi)

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024