Waduk Raksasa Jatigede Ditargetkan Selesai November 2013

Waduk Saguling untuk PLTA di Bandung Barat
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan pembangunan waduk raksasa Jatigede akan selesai pada November tahun depan. Bendungan tersebut mulai dibangun sejak Tahun Anggaran 2008.

Bikin Heboh Penggemar Jaemin dan Jeno NCT Dream buka Baju Gegara Kepanasan

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PU, Mohammad Hasan, mengungkapkan keyakinannya tersebut. "Mudah-mudahan bisa selesai (November 2013), walau memang ada beberapa permasalahan sosial," ujar Hasan ketika ditemui VIVAnews di kantornya, Jakarta, Rabu 24 Oktober 2012.

Permasalahan sosial ini, menurut dia, terjadi karena ada seribuan penduduk yang masih tinggal di daerah genangan dan tidak mau untuk dipindahkan atau direlokasi.

Google Sambut Sukses Oxford United Promosi ke Divisi Championship

Dia menuturkan, sebetulnya Kementerian PU sudah membebaskan lahan tersebut dan membelinya dari penduduk dengan aturan lama. Namun, karena lokasinya belum dieksekusi, banyak warga yang datang kembali ke rumah mereka, karena tidak menemukan tempat baru dan kehabisan uang.

Pembebasan lahan, Hasan menambahkan, telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. Saat ini, pihaknya masih mencari jalan keluar mengenai permasalahan itu dan upaya bagaimana proyek Jatigede bisa terus berjalan serta penyelesaiannya tidak molor lagi.

Elon Musk Akan Luncurkan Starlink di Puskesmas di Denpasar Bali, Begini Persiapannya

Waduk Jatigede yang dibangun di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, itu menelan biaya investasi sebesar US$400 juta atau hampir Rp4 triliun.

Waduk dengan tampungan air yang hampir mencapai satu miliar meter kubik ini digadangkan bisa mengaliri 90 ribu hektare sawah dan menghasilkan listrik sebesar 110 Megawatt, sekaligus menjadi penahan banjir serta pusat pariwisata. (art)

Mahalini Rizky Febian

Ini Pesan dari Ayah Mahalini untuk Rizky Febian

Di momen pemberian nasihat itu, I Gede Suraharja juga sudah mendengar banyak pengalaman dari teman-teman Mahalini dan Rizky Febian yang sekiranya bisa dijadikan pelajaran

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2024