"Mata Tertutup" Film Terbaik AFI 2012

Film Mata Tertutup
Sumber :
  • Cineplex 21

VIVAlife - Film Mata Tertutup produksi MAARIF Institute dan SET Workshop didaulat sebagai film terbaik tahun 2012 dalam ajang Apresiasi Film Indonesia di Sentul, Bogor, pada Minggu malam, 2 Desember 2012.

Keberhasilan meraih kategori bergengsi ini membuat Mata Tertutup memborong 5 penghargaan terunggul dari 10 kategori yang diperebutkan, di antaranya, sutradara terbaik berhasil diraih oleh Garin Nugroho sebagai sutradara dari film ini. Tak ketinggalan Pemeran Wanita Utama terbaik (Jajang C. Noer), Pengarah Sinematografi terbaik (Anggi Frisca "Cumit), dan Pemeran Pria Pendukung terbaik (Kukuh Riyadi).

"Ini adalah untuk yang pertama kalinya Garin mendapatkan apresiasi sebagai sutradara terbaik untuk karya filmnya dari insan Indonesia, bangsanya sendiri", ungkap Arturo GP, asisten sutradara, mewakili Garin saat menerima tropi semalam.

Salah satu pertimbangan dewan juri adalah kemampuan Mata Tertutup mengangkat khazanah budaya Nusantara yang dipadukan dengan kekuatan pesan karakter kebangsaan seperti toleransi dan penghargaan terhadap kemajemukan.

"Kami sangat mengapresiasi dewan juri AFI yang memilih Mata Tertutup sebagai film terbaik dalam 5 kategori. Ini diluar dugaan kami karena film dibuat dalam kesempitan waktu, keterbatasan dana, dan miskin promosi", tutur Fajar Riza Ul Haq, produser eksekutif Mata Tertutup menambahkan.

Menurutnya, apresiasi luar biasa AFI terhadap karya besutan Garin Nugroho ini merupakan dukungan moral terhadap program Toleransi dan Anti Kekerasan (TolAk) yang sedang dilakukan MAARIF Institute melalui produksi film dan pendidikan karakter di sekolah-sekolah.

Saat ini, Mata Tertutup sedang melakukan road show pemutaran dan diskusi film di 10 kota di Jawa yang melibatkan partisipasi ribuan pelajar dan mahasiswa.

Garin sendiri menanggapi antusias prestasi filmnya ini. "Terimakasih atas semuanya, ini kerja keras kita semua", ujarnya. (ren)

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Wakil Ketua Umum Golkar mengatakan bahwa tak boleh ada pembatasan dalam membentuk kabinet, karena merupakan hak prerogatif presiden.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024