Waspada, Facebook Bisa Bikin Gemuk

Facebook
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Hodel

VIVAlife - Apakah Anda menghabiskan libur panjang dengan lebih banyak bermain Facebook atau situs jejaring sosial lainnya? Jika ya, Anda patut waspada. Berdasarkan studi Journal of Consumer Research, situs jejaring sosial ternyata bisa menurunkan pengendalian diri seseorang.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Para peneliti dari Columbia University dan University of Pittsburg melakukan serangkaian studi tentang penggunaan situs jejaring sosial. Dalam studi pertama, mereka menemukan bahwa orang yang fokus dengan teman-teman dekat mereka saat menjelajah Facebook memiliki harga diri yang lebih tinggi setelah log off.

"Semakin Anda fokus pada mereka (teman-teman dekat) saat menjelajah, semakin Anda memikirkan citra yang Anda tampilkan kepada mereka," ujar ketua studi, Keith Wilcox seperti dilansir laman Women's Health.

Hal ini mungkin tampak seperti efek samping yang baik. Namun studi selanjutnya, menemukan bahwa dorongan ego sesaat justru menyebabkan pengendalian diri pada seseorang menurun. Setelah menjelajah Facebook dan fokus pada teman-teman dekat mereka, para peserta cenderung lebih memilih kudapan yang tidak sehat dan mudah menyerah pada tugas sulit.

"Ini pada dasarnya memberikan perasaan yang sama yang Anda akan dapatkan dari berolahraga. Namun Anda sebenarnya tidak melakukan apa-apa," ucapnya.

Selain itu, mengunggah foto Anda  di Facebook dan mengetahui bahwa teman Anda akan menekan tanda 'like' memang bisa mendorong kepercayaan diri Anda. Namun, momen sesaat itu menyebabkan Anda tidak mengindahkan hal-hal lain, seperti kalori yang bertambah dan uang yang dikeluarkan lebih banyak.

Seiring waktu, perilaku tersebut semakin meningkat. Dalam studi terakhir, para peneliti melakukan survei terhadap 541 peserta dan menemukan bahwa mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu bermain Facebook terkait erat dengan BMI yang lebih tingggi, kerap makan berlebihan, dan lebih banyak utang kartu kredit. (umi)

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia
Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Jangan Ragukan Nasionalisme Pemain Naturalisasi Indonesia

Pemain naturalisasi Indonesia disebut oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sudah menunjukkan sikap yang luar biasa ketika mengenakan jersey Timnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024