Studi: Tomat, Atasi Kolesterol dan Jantung

Sup tomat
Sumber :
  • Boldsky.com

VIVAlife - Khasiat tomat yang dikenal dengan kandungan vitamin C menjadikan buah ini banyak dicari untuk manfaat kesehatan. Menurut ilmu kedokteran, likopen dalam tomat juga terbukti melindungi gen dari kerusakan, selain itu asam amino-nya juga membantu pembakaran lemak tubuh. 

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024

Konsumsi tomat segar ataupun olahan juga dapat menurunkan kolesterol dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, atau mengolahnya dengan berbagai cara. 

Dikutip Shine, tomat juga dapat mengurangi resiko jantung. Untuk kepentingan ini para ahli kemudian mengembangkan kapsul berbahan tomat sebagai obat yang meningkatkan aliran darah dan menjaga kesehatan arteri. 

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Sebuah studi di Cambridge University menemukan bahwa kapsul ini meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah hinga 50 persen. Para ilmuwan percaya jika cara ini mampu menekan kerusakan tubuh yang disebabkan karena penyakit jantung. Mereka juga berharap kapsul ini juga bermanfaat bagi pasien arthritis, diabetes, dan bahkan memperlambat penyebaran sel kanker. 

Seperti dilansir Daily Mail, temuan formula ini juga mengacu pada pola diet mediterania yang kaya akan tomat, ikan, sayuran, kacang-kacangan, dan minyak zaitun, yang terbukti dapat mengurangi kolesterol dan mencegah penyakit kardiovaskuler.

Hubungan Prabowo dan Raja Yordania Jadi Kunci RI Sukses Antar Bantuan via Airdrop ke Gaza

Temuan inipun sudah diujicobakan selama dua bulan kepada 36 pasien jantung yang berusia rata-rata 67 tahun dengan hasil kesehatan jantung yang signifikan. Ian Wilkinson, peneliti dari Cambridge University, mengatakan: "Hasil ini sangat signifikan, tapi kita perlu uji lebih detail untuk melihat apakah kapsul tomat ini dapat memangkas stroke yang diakibatkan oleh serangan jantung." (eh)


Liverpool vs Atalanta

Prediksi Liga Europa: Atalanta vs Liverpool

Duel Atalanta vs Liverpool dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024