Semen Gresik Ganti Nama Jadi Semen Indonesia

Menteri BUMN, Dahlan Iskan resmikan Semen Indonesia
Sumber :
  • Humas PT Semen Indonesia Tbk

VIVAnews - PT Semen Gresik Tbk terhitung sejak 7 Januari 2013 secara resmi mengubah nama menjadi PT Semen Indonesia Tbk. Keputusan perubahan nama ini adalah salah satu hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan di Jakarta 20 Desember 2012.

Kenang Ibunda Mooryati Soedibyo, Putri: Beliau Mengajarkan Kami dengan Contoh

Perubahan nama ini telah mendapat persetujuan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia.

”Perubahan nama menjadi Semen Indonesia adalah satu langkah kecil dari strategi terintegrasi perseroan untuk menjadi strategic holding menjadi kelompok usaha semen terkemuka di tingkat regional dan global. Kami siap menjadi champion, di kancah regional,” ujar Direktur Utama Semen Indonesia, Dwi Soetjipto, dalam keterangan tertulis, Senin 7 Januari 2013.

Dwi mengatakan perubahan nama Semen Indonesia menjadi tapak penting dalam perjalanan panjang perseroan. Perubahan nama ini menjadi suntikan semangat dan tekad baru mengintegrasikan sistem guna mewujudkan budaya kerja yang unggul, guna mewujudkan mimpi menjadi kelompok usaha semen terkemuka di pentas regional dan global.

Langkah awal menjadi kelompok usaha semen terkemuka di pentas global sudah dimulai dengan akuisisi 70 persen saham Thang Long Cement, salah satu pabrik semen di Vietnam. Perseroan telah mencapai kata sepakat dengan Ha Noi General Export-Import Joint Stock Company sebagai induk usaha Thang Long.

Dwi menuturkan nama Semen Indonesia merefleksikan kelompok usaha semen yang mampu memayungi anak-anak perusahaan berbasis wilayah yang berbeda-berbeda, yaitu Semen Padang, Semen Tonasa, dan Semen Gresik. ”Nama Semen Indonesia akan sangat menguntungkan dalam hal pemasaran dan ekspansi di masa depan,” kata Dwi.

Anak usaha

Detik-detik Mengerikan ODGJ Bacok Tetangganya Pakai Parang di Koja

Langkah selanjutnya adalah membentuk anak usaha baru bernama PT Semen Gresik yang akan menjadi operating company seperti halnya PT Semen Padang dan Semen Tonasa. Semen Padang, Semen Tonasa, dan Semen Gresik akan berada pada posisi setara.

Pembentukan PT Semen Gresik diprediksi tuntas sekitar bulan Maret-April 2013. Jika PT Semen Gresik sudah terbentuk, maka Semen Indonesia secara resmi akan menjadi induk bagi tiga anak usaha, yaitu PT Semen Padang, PT Semen Tonasa, dan PT Semen Gresik.

”Saya kembali menegaskan keberadaan Semen Indonesia tidak lantas menghapuskan merek Semen Padang, Semen Tonasa, maupun Semen Gresik. Ketiganya mempunyai ekuitas merek sangat kuat, sehingga menjadi modal utama untuk tetap menembus pasar di wilayahnya masing-masing,” kata Dwi.

Dwi menuturkan membangun sinergi di bawah perusahaan induk yang terfokus Semen Indonesia, kelompok bisnis semen ini punya segalanya memperkuat cengkeraman pasar. Di antaranya adalah keunggulan penguasaan geografis yang lengkap, mulai dari barat, tengah, hingga timur Indonesia.

Sosok 'Jenderal Pembangkang' pada Masa Rezim Soeharto, Kini Raih Pangkat Bintang 5

Grup ini telah siap mendesain sinergi yang berfokus pada keunggulan lokasi dengan menerapkan kluster pemasaran, dan penjualan untuk mengefesienkan biaya distribusi.

Ilustrasi guru mengajar siswa.(DOK. Kemendikbud Ristek)

Mengembangkan Potensi Guru Melalui Platform Merdeka Mengajar

Pendidikan merupakan pilar utama dalam membangun fondasi sebuah bangsa yang maju dan berdaya saing di tingkat global.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024