Ratusan Lukisan Pelukis Ternama Widayat Dicuri

Museum Haji Widayat
Sumber :
  • antarayogya.com

VIVAnews - Ratusan koleksi lukisan pelukis ternama Widayat di Museum Haji Widayat, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, diduga hilang dicuri. Peristiwa itu diperkirakan terjadi pada Kamis sore hingga Jumat dini hari lalu.

Jokowi Tegaskan Tidak Bentuk Tim Transisi untuk Prabowo-Gibran, Kecuali Diminta

"Saat kejadian, saya sedang di Pekanbaru. Saya baru tiba di lokasi Jumat pukul 14.00 WIB. Jadi, saya tidak tahu persis kejadiannya seperti apa," kata Direktur Museum, Fajar Purnomo Sidi, saat dihubungi VIVAnews, Sabtu 12 Januari 2013.

Menurut Fajar, saat kejadian terdapat tiga karyawan museum yang bertugas. Dua di antaranya disekap oleh pencuri dan satu orang lainnya dipaksa keluar museum. "Semua kejadian sudah dilaporkan kepada pihak yang berwajib. Bahkan, Kapolres dan Wakapolres langsung menuju lokasi untuk memeriksa seluruh ruangan," ujarnya.

Sekjen PKS: Selamat Bertugas kepada Pak Prabowo dan Wakilnya

Ia mengaku bahwa tidak mengetahui pelaku serta modus pencurian ini. Dia menyerahkan seluruh penyelidikan kasus ini kepada polisi. Seluruh karyawan museum pun telah dimintai keterangan.

"Untuk teknisnya bisa ditanyakan langsung kepada kepolisian. Kami belum bisa kabarkan perkembangannya," kata Fajar.

Kota Ini Sahkan Undang-undang yang Izinkan Guru Bawa Senjata Api ke Sekolah

CCTV Rusak

Fajar mengungkapkan, di dalam museum terdapat sejumlah kamera CCTV. Ia tidak menyebutkan jumlah pastinya, namun semua kamera CCTV itu rusak.

"Sudah lama rusak dan tidak diperbaiki. Begitupula dengan alarm, sudah tidak berfungsi," ungkapnya.

Museum Haji Widayat berdiri sejak 1994, di Jalan Letjen Tukiyat Kabupaten Magelang oleh Widayat, seorang seniman lukis. Di dalam museum tersebut terdapat ribuan lukisan karya Widayat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya