Legenda Bulgaria Divonis 2 Tahun Penjara

Yordan Lechkov
Sumber :
  • www.scotsman.com

VIVAbola - Salah seorang legenda sepakbola Bulgaria, Yordan Letchkov harus mendekam di balik terali besi selama 2 tahun ke depan. Pencetak gol kemenangan bagi Bulgaria saat bertemu Jerman di perempatfinal Piala Dunia 1994 ini tersangkut kasus penyalahgunaan kekuasaan dan kegagalan dalam menjalankan tugasnya semasa masih menjabat sebagai Walikota Sliven.

Seperti dilansir www.dw.de, Lechkov divonis oleh pengadilan Stara Zagora, Senin, 14 Januari 2013. Dia dinyatakan bersalah atas penandatanganan proyek pengolahan air dan limbah yang merugikan negara dan upaya menekan seorang pejabat kantor perpajakan. Ini adalah keputusan pertama atas banyak kasus yang menimpa mantan bintang Bundesliga itu.

Letckhov masih diberi kesempatan untuk mengajukan banding. Pria berusia 45 tahun itu juga akan menghadapi beberapa kasus lain, termasuk dugaan korupsi yang dilakukannya saat menjabat walikota di wilayah bagian timur Bulgaria itu.

Sedangkan Letckhov menuding lawan politiknya berada di balik tuduhan-tuduhan tersebut. Pemain yang juga pernah memperkuat  CSKA Moscow tersebut mengaku semasa menjabat selalu berusaha untuk memerangi korupsi.

Semasa masih menjadi pemain, Letckhov sempat menjadi andalan klub Hamburger SV. Namun, namanya melejit setelah membawa Bulgaria mengalahkan Jerman 2-1 di perempat final Piala Dunia 1994 lewat tandukannya pada menit ke-78.

Gol Cepat Bawa Italia Sementara Memimpin Atas Bulgaria

Sayangnya, langkah Bulgaria yang saat itu juga diperkuat Hristo Stoichkov hanya finis di posisi 4. (eh)

Pemain Italia, Danielle De Rossi

Italia Buyarkan Mimpi Bulgaria ke Piala Eropa 2016

Kemenangan ini membuat Italia semakin dekat dengan tiket ke Prancis.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2015