Ada 32,5 Juta Pemilih di Pilkada Jawa Barat

KPU Jawa Barat gelar rapat pleno penetapan daftar pemilih tetap
Sumber :
  • Antara/ Agus Bebeng

VIVAnews - Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat yang akan digelar bulan Februari 2013 mendatang ditetapkan sebanyak 32.536.980 pemilih yang tersebar di 26 kota dan kabupaten. Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengatakan bahwa penetapan ini merupakan rekapitulasi penetapan dari masing-masing PPS di 26 kota dan kabupaten di Jabar.

"Di mana dalam penetapan DPT ini akan ada perubahan, karena ada warga yang tercatat pindah rumah, meninggal, sebelum Pemilihan Gubernur digelar 24 Februari mendatang. Di mana kami tidak bisa memastikan apakah warga yang terdaftar saat ini, pada saat tanggal 24 Februari 2013 nanti apakah masih hidup atau tidak. Jadi bisa kemungkinan ada perubahan," ujar Yayat Hidayat usai rapat pleno di Kantor KPUD Jabar, Selasa 15 Januari 2013.

"Sebelumnya DPT sementara dari total 26 kota dan kabupaten yakni 32.534.627, dengan rincian jumlah pemilih laki-laki 16.380.562, dan jumlah pemilih perempuan 16.154.065," ujar Yayat.

Untuk jumlah TPS yang akan disediakan KPU Jabar, yakni sebanyak 74.948 TPS di 26 kota dan Kabupaten di Jabar.

Sementara itu menurut ketua Pokja Rekapitulasi Suara, Aang Ferdiman, menyatakan, DPT yang ditetapkan saat ini, masih akan bisa berubah, termasuk adanya tambahan. "Kalau berubah pasti iya akan berubah, dan jumlah TPS pun akan berubah juga, di mana untuk tambahan data pemilih yang belum terdaftar, akan ditambahkan melalui format yang disediakan," ujar Aang.

"KPUD Jabar berhak mengubah, apabila ada tambahan data pemilih, meski DPT resmi ditetapkan bisa menyusul," kata Aang Ferdiman. (eh)

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK
Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024