Raih 9 Juta Pemilih, Bisa Menang Pilkada Jawa Barat

Mantan Bupati Indramayu, Irianto MS Syafiuddin (Yance)
Sumber :
  • ANTARA/Agus Bebeng

VIVAnews - Pemilih di Pemilihan Gubernur Jawa Barat ditetapkan 32,5 juta lebih. Menurut Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Jawa Barat, dengan jumlah pemilih itu, raihan suara 9 juta sudah bisa mengantarkan calon menjadi gubernur.

"Selama ini kami mendata partisipasi pemilih di Jabar ini tidak pernah sampai 70 persen," kata Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Barat HM Qudrat Iswara. "Jadi target realistik kami adalah 40 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT). Bila didetailkan, target kami 9.000.160 suara di Pilgub Jabar ini," kata Qudrat Iswara, di Bandung, Selasa 15 Januari 2013.

Ia menjelaskan, target tersebut berimbangan dengan perhitungan 40 persen suara massa mengambang dari total DPT yang ditetepkan KPU sebanyak 3,5 juta suara masyarakat Jabar yang mempunyai hak pilih. Jumlah itu kemudian dibagi ke-26 kabupaten/ kota yang ada di Jawa Barat.

Iswara mengatakan Golkar, sudah memetakan strategi untuk mencapai target suara di Pilgub Jabar. Calon gubernur MS Irianto Syafiuddin dan calon wakil gubernur Tatang Farhanul Hakim saling berbagi fokus garapan kampanye.

 "Kami sudah membagi ruang pundi suara. Seperti untuk Pak Tatang akan difokuskan di wilayah Priangan timur seperti Tasikmalaya, Garut dan sekitarnya," kata Iswara.

Menurut Iswara, sosok Tatang Farhanul Hakim dinilai sudah sangat menguasai wilayah tersebut karena pernah menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya selama 10 tahun. "Beliau hapal betul dan akan dapat perolehan suara besar. Kami berharap Pak Tatang bisa himpun Priangan timur. Dia signifikan dengan masa PPP di luar dominasi swing voter," katanya.

Sedangkan untuk Yance, la mengatakan strateginya, difokuskan menggalang dukungan di Pantura seperti Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Subang, terutama di Kabupaten Indramayu. "Khusus untuk Indramayu, Golkar ditargetkan memenangkan 70 persen suara. Latar belakang Bupati dua periode dan putra daerah lagi lagi menjadi alasan untuk menggalang simpatisan masyarakat," katanya.

Target 9.000.160 suara di Pilgub Jabar ini akan diprioritaskan di beberapa wilayah yang kepala daerahnya merupakan kader Golkar. "Kami sepakat percepatan mesin partai untuk menggalang pundi simpatisan Golkar. Beberapa daerah yang menjadi prioritas karena merupakan kader Golkar seperti Purwakarta, Kota Sukabumi dan Indramayu," katanya.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali
VIVA Militer: Serah terima jabatan Komandan Yonif 305 Tengkorak Kostrad TNI

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Serah terima baru saja dilaksanakan di lapangan Sadelor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024