Transaksi Perdana, Saham Multi Agro Menguat Tipis

Penutupan IHSG di Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Saham PT Multi Agro Gemilang Plantation Tbk mencatatkan saham perdana di papan pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Rabu 16 Januari 2013. Multi Agro menjadi emiten ke-4 tahun ini dengan kode
perdagangan MAGP.

Pada saat mengawali transaksi perdananya, harga saham perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan sawit itu menguat tipis Rp2 ke level Rp112. Namun, sekitar 10 menit kemudian terkoreksi Rp15 (13,63 persen) menjadi Rp95.

Berdasarkan data BEI, perseroan mencatatkan sebanyak 9 miliar saham. Pada saat penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO), Multi Agro meraup dana Rp440 miliar dengan harga Rp110 per unit. Nilai kapitalisasi pasar saham perseroan tercatat Rp990 miliar.

Per 30 Juni 2012, perseroan membukukan total aset Rp896,4 miliar dengan kewajiban mencapai Rp371,1 miliar. Selama periode itu, Multi Agro juga mencatatkan pendapatan Rp20,8 miliar dengan laba kotor Rp4,2 miliar.

Komposisi pemegang saham perseroan setelah IPO dan pelaksanaan waran I adalah PT Santika Griya Persada sebanyak 47,87 persen, PT Multi Karang Intan Permai 5,32 persen, dan publik 46,81 persen.

Terpopuler: Pengemudi Fortuner Pelat Dinas TNI Ditangkap, Negara yang jadi Medan Perang Dunia III

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi saham perseroan adalah PT Brent Securities and PT Valbury Asia Securities.   
   
Sebelumnya, tiga emiten sudah mendahului untuk mencatatkan saham perdana tahun ini di BEI. Tiga emiten itu adalah PT Pelayaran Nasional Bina Buana Raya Tbk (BBRM), PT Saraswati Griya Lestari Tbk (HOTL), dan PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME).

Rossa

Hal Ini Buat Rossa Disangka Segera Nikah

Sayangnya, Rossa tidak memberikan klarifikasi lebih lanjut terkait makna sebenarnya dari caption tersebut.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024