Khusus Jabodetabek, Kirim SMS Gratis

Korban Banjir Mengungsi di Halte Busway
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Bencana banjir masih melanda Ibukota Jakarta. Untuk memudahkan masyarakat  berkomunikasi melalui jaringan selular, sejumlah operator menggratiskan layanan SMS pada pelanggannya. Dua operator yang sudah membebaskan biaya SMS saat ini adalah Telkomsel dan Axis.

Dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Jumat 18 Januari 2013, Telkomsel memberikan SMS gratis khusus bagi pelanggan Jabodetabek ke seluruh pelanggan Telkomsel di wilayah Indonesia. Layanan ini berlaku sejak kemarin hingga hari ini.

"Berdasarkan performansi jaringan di Jakarta, trafik telepon meningkat 17 persen, dan trafik SMS naik 18 persen dibandingkan hari normal," kata Hari Purwanto, Head of External Communication Division Telkomsel.

"Hal ini diperkirakan karena tingginya kebutuhan masyarakat untuk saling berkoordinasi, baik antarkeluarga, kerabat, atau pihak lainnya," jelas dia.

Menghadapi musibah banjir Jabodetabek hari ini, Telkomsel terus mengupayakan tindakan preventif pada site-site yang rentan terkena banjir, dan sudah ditinggikan guna menghindari kenaikan permukaan air.

Gangguan hanya bersifat minor terjadi di sebagian kecil Area Metro Jakarta karena terhentinya pasokan energi, serta belum dimungkinkan untuk penggunaan sumber daya alternatif (genset). Walaupun demikian, secara umum kualitas jaringan tetap baik.

Selain Telkomsel, Axis pun turut membebaskan biaya SMS pada para pelanggannya. Operator medioker ini memungkinkan pelanggan untuk mengirimkan gratis SMS secara tak terbatas dari nomor Axis ke nomor Axis lainnya.

Layanan gratis SMS tersebut dimulai semenjak tadi pagi, Jumat, 18 Januari 2013, hingga pukul 12 tengah malam nanti. Dan, hanya bisa dinikmati oleh pelanggan yang berada di Jabodetabek.
 
"Kami ingin memastikan layanan SMS kami bisa dimanfaatkan secara gratis oleh mereka yang membutuhkan untuk berkomunikasi di saat situasi yang sulit seperti sekarang ini," ujar Daniel Horan, Chief Marketing Officer Axis.

Sementara itu, untuk mengatasi kemungkinan terjadinya kendala jaringan yang diakibatkan oleh banjir, operator berusia empat tahun itu mempersiapkan tim teknis untuk melakukan pengawasan secara seksama di wilayah-wilayah yang dilanda banjir.

"Tim kami melakukan pengawasan di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya selama 24 jam terakhir untuk memastikan seluruh layanan kami dapat terus dioperasikan, guna melakukan kegiatan restorasi jika diperlukan," tutur Michael McPhail, Chief Technology Officer Axis. (umi)

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series
Simulasi Makan Siang di Tangerang, Menko Airlangga Hartarto

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Program makan siang gratis yang diusung oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diperkirakan membutuhkan 6,7 juta ton beras per tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024