Pilkada Jawa Barat Terancam Gagal Karena Surat Suara

Periksa kertas suara
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pemilihan Gubernur Jawa Barat terancam ditunda karena gagalnya tender pelelangan surat suara. Lelang gagal karena masalah desain surat suara.

"Ini pertama kali di Indonesia proses lelang surat suara gagal. Kami tidak mau pemilihan gubernur gagal. Kami menyesalkan adanya gagal tender ini," kata Ketua Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat Teten Setiawan, di Bandung, Jumat 18 Januari 2013.

Ia menjelaskan pembatalan oleh Unit Layanan Pengadaan Pemprov Jabar yang mengakibatkan gagal lelang surat suara ini karena masalah desain. "Ini tidak substansial. Surat suara bukan karya seni. Didesain sebagai fungsi dengan kesederhanaannya," katanya.

Teten mengatakan yang paling substansial dari surat suara adalah jumlah kolom calon, ukuran kertas dan jenis kertas. Unsur-unsur itu harus memberikan kemudahan bagi pemilih, kenyamanan dan kerahasiaan. "Untuk mengatasi masalah waktu ULP Provinsi menawarkan opsi berupa penunjukan langsung. KPU memilih opsi sendiri berupa koreksi terhadap dokumen lelang yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Komitmen," katanya.

Koreksi atas persyaratan yang tertera dalam surat dari Kepala ULP Provinsi Jawa Barat Nomor12/ULP/KPU-CRT-P8/2013 tanggal 15 Januari 2013 perihal hasil pelelangan surat suara Pilgub Jabar. KPU menganggap opsi ini lebih realistis.

"Kami sudah konsultasi dengan KPK opsi ini yang paling aman dan sesuai aturan dibanding penunjukan langsung. Dana untuk pencetakan suara Rp22 miliar, kalau penunjukan langsung berbahaya. Kami tak mau gara-gara PL kami semua masuk LP (Lembaga Pemasyarakatan--red)," katanya.

Ia menegaskan koreksi harus selesai pada hari Senin 21 Januari. Surat suara harus terdistribusikan ke kota/ kabupaten pada 14 Februari. "Kalau telat, Pemilihan gubernur bisa gagal. Kami tak mau gagal. Risikonya terlalu besar baik secara material maupun immaterial. Yang rugi masyarakat Jawa Barat. Dana Pemilihan ini kan pakai uang rakyat," kata Teten. (eh)

Heru Budi Tegaskan ASN DKI Tak Ada WFH: Media Saja Masuk
Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih AS John Kirby

Bantuan Kemanusiaan ke Gaza Meningkat Secara Signifikan di Tengah Krisis Pangan

Bantuan kemanusiaan yang mengalir ke Jalur Gaza mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa hari terakhir ini, menurut juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024