Hormati Tragedi Kebakaran, FIFA Batalkan Penyambutan PD 2014

Stadion Maracana
Sumber :
  • news.bbc.co.uk

VIVAbola - Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) dan panitia lokal terpaksa membatalkan event perayaan 500 hari jelang Piala Dunia 2014. Ini dilakukan untuk menghormati tragedi kebakaran di kelab malam yang menewaskan lebih dari 230 orang di selatan Brasil, Minggu 27 Januari 2013.

Meski ada tragedi itu, FIFA tetap yakin akan jaminan keamanan di Brasil. Tapi, pembatalan event yang rencananya akan digelar pada hari ini di ibukota Brasilia itu dilakukan untuk menghormati tragedi di Santa Maria.

"Kami sangat bersedih atas apa yang terjadi. Kami bersimpati kepada keluarga korban," kata panitia kepada Reuters.

Acara peluncuran poster resmi Piala Dunia 2014 yang dijadwalkan hari ini pun ikut ditunda. Rencananya, acara ini baru dilakukan pada Rabu nanti, seusai pertemuan panitia lokal di Rio de Janeiro.

Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke, yang memulai kunjungan 4 hari di Brasil sejak Minggu, juga menyampaikan keprihatinannya lewat akun Twitter miliknya. ''Saya sangat sedih mendengar tragedi di selatan Brazil itu. Saya ikut berduka kepada keluarga korban.'' Valcke dijadwalkan akan mengunjungi Fortaleza, Brasilia, Salvador dan Rio de Janeiro yang terletak di pusat dan bagian utara Brasil.

Santa Maria terletak 155 mil dari Porto Alegre, salah satu dari 12 kota tuan rumah PD 2014, di negara bagian Rio Grande do Sul. Kebakaran di kelab malam itu menjadi paling mematikan dalam lebih dari satu dekade terakhir.

Tragedi ini menjadi pelajaran dan membuat panitia PD 2014 dan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro meningkatkan prosedur keamanan. Faktor ini menjadi salah satu yang diragukan di Brasil untuk menggelar Piala Dunia.

Tapi, FIFA tetap yakin karena sukses menggelar PD 2010 di Afrika Selatan, negara yang notabene punya tingkat kriminalitas tinggi. PD 2010 digelar tanpa insiden berarti. (ibk)

Presiden FIFA Sebut Messi Tak Pantas Raih Bola Emas
Pemain Jerman, Mario Goetze, usai bobol gawang Argentina

Penentu Jerman Juara Piala Dunia Lelang Sepatunya

Sepatu itu belum pernah dicuci sejak final Piala Dunia 2014.

img_title
VIVA.co.id
29 November 2014