Jepang Ingin Terlibat Dalam Proyek Monorel

Tiang monorel yang terbengkalai di Jalan Rasuna Said, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Pemerintah Jepang berminat untuk terlibat dalam proyek monorel di Indonesia. Jika mendapat tawaran kerjasama dalam proyek ini, Jepang tak akan menolak.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Jepang, Shigeru Kikukawa, di Jakarta hari ini, Selasa 29 Januari 2013, menyatakan komitmennya membantu pembangunan sarana transportasi massal itu dapat terwujud di Indonesia.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Kikukawa menjelaskan bahwa teknologi monorel bagi Jepang memang bukanlah hal yang baru. Jepang telah lama membangun sarana transportasi massal ini. Bukan hal yang sulit bagi Jepang untuk membantu Indonesia mengerjakan proyek monorel.

"Namun semuanya kembali lagi pada kebijakan pemerintah indonesia," ujar Kikukawa.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Jepang, lanjut Kikukawa, tidak bisa mencampuri urusan yang ada di Indonesia, terutama masalah birokrasi. Oleh karena itu pihak Jepang akan menunggu kebijakan dari pemerintah Indonesia mengenai pelaksanaan proyek ini.

"Kami memang mempunyai pengetahuan untuk pembangunan monorel, jika pemerintah (Indonesia) setuju, kami ada peluang untuk masuk," kata Kikukawa.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pekerjaan Umum RI, Djoko Kirmanto, menjelaskan bahwa kedatangan Kikukawa sebagai perwakilan pemerintah jepang ini merupakan kunjungan rutin untuk mempererat jalinan kerjasama di antara pemerintah kedua negara.

Pertemuannya dengan Kikukawa, kata Djoko, membahas tentang bagaimana menanggulangi banjir dan juga bagaimana cara mengolah limbah yang baik

"Untuk banjir dan pengolahan sampah mereka kan lebih baik dari indonesia," kata Djoko.

Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024