PU Ingin Anggaran Sodetan Kali Ciliwung Cair Tahun Ini

Presiden SBY, Menteri PU dan Jokowi telusuri Bidaracina
Sumber :
  • VIVAnews/ Amal Nur Ngaziz
VIVAnews –
Aktor Park Sung Hoon Minta Maaf ke Penonton Atas Karakter Jahatnya di Queen Of Tears
Pemerintah pusat berharap dana untuk membuat sodetan di kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur  untuk mencegah luapan banjir,  bisa diturunkan pada tahun anggaran 2013.

So Sweet! Perjuangan Brandon Salim Berangkat ke Jepang Demi Lamar Kekasih

“Kita minta sebaiknya turun tahun ini agar segera bisa kita tenderkan. Berapa pun besarannya tidak masalah,” kata Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, ketika ditemui seusai melantik pejabat eselon Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta, Rabu 30 Januari 2013.
Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih


Djoko mengatakan Kementerian PU akan memasukkan anggaran tersebut dalam rancangan APBN-P 2013. Total dana yang diajukan oleh kementerian PU sebesar Rp2 triliun untuk pembangunan selama dua tahun.


Untuk proses konstruksi terowongan sepanjang 2,1 kilometer ini, Djoko mengaku tidak akan ada masalah dan bisa cepat diselesaikan. Namun, untuk pembebasan lahan, pemerintah pusat akan bergantung kepada pemerintah daerah sebagai penanggung jawab penyediaan lahan.


Ia berharap pembuatan sodetan ini tidak memerlukan pembebasan lahan, karena pipa sodetan berada 4-5 meter di bawah tanah. “Mudah-mudahan tidak menggangu, namun nanti kita tetap akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” katanya.


Djoko menjelaskan posisi Kali Ciliwung lebih rendah dari Kanal Banjir Timur, sehingga jika air kali penuh maka otomatis air masuk ke sodetan. Nantinya proses ini akan dibantu oleh pompa air dengan kapasitas besar.


Djoko mengatakan Kementerian PU akan berkoordinasi dengan kepolisian dan pemda DKI Jakarta sebagai antisipasi jika proyek ini akan mengganggu aktivitas warga, rumah warga, ataupun jalan raya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya